Peran Penyuluh Pertanian Dalam Meningkatkan Produksi Padi Sawah (Studi Kasus pada Kelompok Tani Hobokoli, Kelurahan Nageoga Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Penyuluh Pertanian Dalam Meningkatkan Produksi Padi Sawah (Studi Kasus pada Kelompok Tani Hobokoli, Kelurahan Nageoga Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo)

XML

Karolina Boa Fedo “Peran Penyuluh Pertanian Dalam Meningkatkan Produksi Padi Sawah (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Hobokoli Kelurahan Nageoga Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo)”. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Dibimbing oleh Drs. Jacob Wadu, M.Si dan Drs. Paulus Nd. L. T. Ratoebandjoe, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran penyuluh pertanian dalam meningkatkan produksi padi sawah pada Kelompok Tani Hobokoli, Kelurahan Nageoga Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu peran penyuluh sebagai pembimbing petani, organisator, dinamisator, teknisi, dan penghubung antar lembaga. Teknik pengumpulan data dengan wawancara sistematik, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini penulis menggunakan teknik pengujian keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagai pembimbing dalam seleksi benih padi unggul dan penggunaan sistem tanam jajar legowo, dan dalam melakukan perawatan padi belum berjalan baik, dimana pada proses seleksi benih padi unggul penyuluh mendapat masalah yaitu bantuan benih padi pemerintah ternyata tidak cocok dengan potensi lahan Sawah Hobokoli, sedangkan dalam perawatan padi penyuluh masih jarang melakukan pendampingan karena kesibukan penyuluh yang bukan saja bertugas pada Kelompok Tani Hobokoli. Sebagai organisator, penyuluh membimbing Kelompok Tani Hobokoli memilih kerja sama yang menguntungkan dan menghentikan kerja sama yang merugikan. Sedangkan dalam memecahkan masalah belum terlaksana dengan baik karena kurangnya komunikasi langsung dan kurangnya pengetahuan atau informasi mengenai penanggulangan hama terbaru. Sebagai dinamisator penyuluh berperan dalam memberikan pendampingan usaha tani, hasilnya belum rutin dilakukan penyuluh, namun para petani tidak mempersoalkan karena para petani juga mencari tahu informasi dan pengalaman dari petani lain. Sebagai teknisi, dalam memberikan praktik demcar dan demplot belum berjalan maksimal manfaat yang belum diketahui dengan baik oleh para petani dan kesibukan yang dimiliki oleh penyuluh dalam mengikuti tugas yang lain. Dilihat dari peran penyuluh sebagai penghubung antar lebaga yaitu lembaga subsidi pupuk (Kementan) sudah berjalan baik karena memberikan manfaat postif bagi usaha padi para petani.
Kata Kunci: Penyuluh Pertanian, Kelompok Tani Hobokoli, Peningkatan Produksi Padi.


Detail Information

Item Type
Penulis
KAROLINA BOA FEDO - Personal Name
Student ID
1803010059
Dosen Pembimbing
JACOB WADU - 196305301988031002 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS ND L T RATOEBANDJOE - 195711241988031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Wadu - 196305301988031002 - Ketua Penguji
Paulus Nd L T Ratoebandjoe - 195711241988031001 - Penguji 1
Rikhardus Seran Klau - 196504261990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 FED P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA