PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TWO STRAY TWO STAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA DI KELAS V SD INPRES LAKAT, KAB. TTS

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TWO STRAY TWO STAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA DI KELAS V SD INPRES LAKAT, KAB. TTS

XML

Skripsi oleh Mardelina Y. Bell. NIM: 1601140238. Tahun 2021. Dengan judul: Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Two Stray Two Stay untuk Meningkatka Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Menghargai Keputusan Bersama di Kelas V SD Inpres Lakat, Kab. TTS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni Bagaimana menggunakan Model Pembelajaran Tipe Two Stray Two Stay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Menghargai Keputusan Bersama di Kelas V SD Inpres Lakat, Kab. TTS? Dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran tipe Two Stray Two Stay di kelas V SDI Lakat, Kab. TTS. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunkaan yakni analisis data hasil observasi dan analisis data hasil tes. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Lakat yang siswanya berjumlah 19 orang dengan rincian laki-laki 11 orang dan perempuan 8 orang.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Inpres Lakat, Kab. TTS. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Two Stray Two Stay pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama. (2) Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama dengan menggunakan model pembelajaran tipe Two Stray Two Stay. (3) Respon siswa selama menerapkan model pembelajaran tipe Two Stray Two Stay pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama adalah positif, dimana siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa padapre test presentase ketuntasan sebesar 21,1% meningkat ke tes siklus Imenjadi 63,2% dan ketika dilaksanakan test siklus II terjadi peningkatakan kembali, siswa dapat mencapai nilai KKM dengan presentase 94,7%. Dengan demikian, penerepan model pembelajaran tipe Two Stray Two Stay pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARDELINA Y. BELL - Personal Name
Student ID
1601140238
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BEL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA