Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teknik Pengelasan Busur Manual Kelas Xi Teknik Pengelasan SMKN 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teknik Pengelasan Busur Manual Kelas Xi Teknik Pengelasan SMKN 2 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa secara kognitif dan proses pembelajaran pada kelas XI Teknik pengelasan SMK N 2 KUPANG. Upaya peningkatan hasil belajar tersbut dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Penilitian ini merupakan jenis penilitian Tindakan kelas (PTK),dengan subjek penilitian guru dan siswa kelas XI dengan jumlah 30 siswa. Objek penilian adalah hasil belajar siswa pada materi pengelasan busur manual melalui model pembelajaran project based learning. Penilitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi tes yang digunakan yaitu melalui siklus I dan siklus II. Observasi dilakukan untuk mengamati sikap dan aktifitas siswa serta guru dalam kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman observasi. hasil penilitian menunjukan bahwa pada sebelum melakukan pembelajaran pada siklus I siswa diberikan soal dengan memperoleh hasil belajar murid yaitu 5 orang pada kategori sangat baik dengan persentase 17%, 12 orang pada kategori baik dengan persentase 40%, 3 orang pada kategori cukup dengan persentase 10% dan 10 orang pada kategori kurang dengan persentase 33%. Hasil siklus I menunjukan yang mencapai KKM 67% danyang belum mencapai KKM 33%.Kemudian setelah dilakukan penilitian kelas siklus II siswa diberikan soal dengan memperoleh hasil belajar yaitu 19 orang pada kategori sangat baik dengan persentase 63%, 6 orang pada kategori baik dengan persentase 20%, 3 orang pada kategori cukup dengan persentase 10% dan 2 orang pada kategori kurang dengan persentase 7%. Berdasarkan skor rata-rata yang diperoleh siswa menunjukan ada 28 siswa yang mencapai KKM (75) dan 2 orang siswa yang belum mencapai KKM akan dilakukan remidial tersendiri. Hasil siklus II menunjukan yang mencapai KKM 93% dan yang belum mencapai KKM 7%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengelasan busur manual kelas XI Teknik Pengelasan SMK N 2 KUPANG.


Detail Information

Item Type
Penulis
RIVAN ADRIAN MENGGE - Personal Name
Student ID
1501120019
Dosen Pembimbing
EDY SUPRAPTO - 196601111993031002 - Dosen Pembimbing 1
PRIYONO - 196111171994031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Edy Suprapto - 196601111993031002 - Ketua Penguji
Priyono - 196111171994031002 - Penguji 1
Wofrid E. Bianome - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
21201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Mesin
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.03 Men P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA