Skripsi
Pengaruh Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Media dan Sumber Belajar Terhadap Prestai Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan
XMLABSTRAK
Skripsi Oleh Agus Adi Tony Nim : (1601140167) dengan Judul Pengaruh Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Media dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan. Masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh lingkungan sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar terhadap prestasi belajar dengan tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian kausal komparatif dengan teknik pengumpulan data yakni: observasi, angket dan dokumentasi, dengan jumlah responden 22 dan teknik analisis data menggunakan uji t dan teknik analisis regresi berganda.
Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sebagai media (X1) terhadap Prestasi Belajar (Y) siswa kelas V SD Negeri Nopu dengan Koefisien korelasi rx1y 0,035; Koefisien determinasi r2x1y 0,186; Y : 27.420+140X_1 dan t hitung lebih besar dari t tabel (0,849 > 0,444), sehingga hipotesis pertama diterima. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan sumber belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) siswa kelas V SD Negeri Nopu dengan Koefisien korelasi rx2y 0,259; Koefisien determinasi r2x2y 0,067; Y : 0,245 X_2 + 25.749; dan t hitung lebih besar dari t tabel (1,198 > 0,444), sehingga hipotesis kedua diterima. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sebagai media dan sumber belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa kelas V Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan Koefisien korelasi Ry(1,2) menunjukkan nilai sebesar 0,313; Koefisien determinasi R2y(1,2) menunjukkan nilai sebesar 0,239; Y : 0,133 X_1+ 0,239 X_2+ 18.895; dan Fhitung lebih besar dari Ftabel (1,031 > 0,344), sehingga hipotesis ketiga diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Sebagai Media terhadap prestasi belajar, Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar dan lingkungan sebagai media dan sumber belajar terhadap prestasi belajar di SD Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Kata Kunci : Lingkungan sekolah, media, sumber belajar dan prestasi belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Agus Adi Tony - Personal Name
|
Student ID |
1601140167
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1 BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tony P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |