Pengaruh Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Media dan Sumber Belajar Terhadap Prestai Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Media dan Sumber Belajar Terhadap Prestai Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

ABSTRAK

Skripsi Oleh Agus Adi Tony Nim : (1601140167) dengan Judul Pengaruh Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Media dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan. Masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh lingkungan sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar terhadap prestasi belajar dengan tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian kausal komparatif dengan teknik pengumpulan data yakni: observasi, angket dan dokumentasi, dengan jumlah responden 22 dan teknik analisis data menggunakan uji t dan teknik analisis regresi berganda.
Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sebagai media (X1) terhadap Prestasi Belajar (Y) siswa kelas V SD Negeri Nopu dengan Koefisien korelasi rx1y 0,035; Koefisien determinasi r2x1y 0,186; Y : 27.420+140X_1 dan t hitung lebih besar dari t tabel (0,849 > 0,444), sehingga hipotesis pertama diterima. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan sumber belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) siswa kelas V SD Negeri Nopu dengan Koefisien korelasi rx2y 0,259; Koefisien determinasi r2x2y 0,067; Y : 0,245 X_2 + 25.749; dan t hitung lebih besar dari t tabel (1,198 > 0,444), sehingga hipotesis kedua diterima. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sebagai media dan sumber belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa kelas V Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan Koefisien korelasi Ry(1,2) menunjukkan nilai sebesar 0,313; Koefisien determinasi R2y(1,2) menunjukkan nilai sebesar 0,239; Y : 0,133 X_1+ 0,239 X_2+ 18.895; dan Fhitung lebih besar dari Ftabel (1,031 > 0,344), sehingga hipotesis ketiga diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Sebagai Media terhadap prestasi belajar, Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar dan lingkungan sebagai media dan sumber belajar terhadap prestasi belajar di SD Negeri Nopu Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Kata Kunci : Lingkungan sekolah, media, sumber belajar dan prestasi belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Agus Adi Tony - Personal Name
Student ID
1601140167
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tony P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA