Upaya Orang Tua Petani Dalam Melanjutkan Pendidikan Anak Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Desa Watu Wangka Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat)

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Orang Tua Petani Dalam Melanjutkan Pendidikan Anak Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Desa Watu Wangka Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis upaya orang tua petani dalam melanjutkan pendidikan anak di perguruan tinggi. Peneliti menggunakan teori AGIL Talcott Parson. Penentuan inforrman dengan menggunakan metode Purposive Sampling, sehingga yang menjadi informan adalah orang tua petani yang melanjutkan studi anak di perguruan tinggi berjumlah 10 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam menganalisis data yang diperoleh dari lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua di Desa Watu Wangka mengorbankan segala-galanya hanya untuk melanjutkan sekolah anak di perguruan tinggi. Hal ini dikarena mereka menginginkan agar masa depan anak menjadi sukses tidak seperti mereka, maka upaya yang dilakukan oleh orang tua petani dalam melanjutkan pendidikan anak di perguruan tinggi adalah (1) bekerja giat, (2) membuka usaha,(3) mengikuti pekerja serabutan, (4) mengikuti arisan pesta sekolah, (5) melakukan hidup hemat, (6) melakukan pinjaman, (7) menjual Aset berharga. Kesimpulan orang tua petani di Desa Watu Wangka mempunyai kesadaran yang tinggi untuk mencari upaya-upaya yang maksimal dalam melanjutkan pendidikan anak di perguruan tinggi. Saran dalam penelitian ini pertama, bagi daerah kabupaten Manggarai Barat dan pihak terkait, dalam upaya meningkatkan pendidikan anak dalam melanjutkan sampai di perguruan tinggi pemerintah diharapkan memperhatikan kehidupan sosial dan ekonomi di Desa Watu Wangka. Kedua, dalam meningkatkan penghasilan orang tua petani perlu adanya perhatian pemerintahan Desa Watu Wangka untuk memberikan bantuan modal kepada masyarakat yang ingin memulai usaha seperti bertani bisnis dan usaha lainya. Ketiga, bagi orang tua supaya anak bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi diharapkan untuk meningkatkan upaya yang dilakukan. Kempat perlu adanya bimbingan penyuluhan pertanian khusus untuk warga Desa Watu Wangka agar petani bisa mengetahui alur bertani yang baik sehingga hasil panen lebih
meningkat.


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Yulia Theresa - Personal Name
Student ID
1703030017
Dosen Pembimbing
Penguji
Drs.Herman Y. Utang,L.Ph - 196602212006041001 - Ketua Penguji
Drs. Syamsuriady, M.Si-Nip. 195712111989011001 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 The U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA