Skripsi
Strategi Pengembangan Usaha Sayuran Berbasis Pertanian Organik (Studi Kasus : CV Perusahaan Pertanian Organik Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang)
XML
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang berpengaruh dalam pengembangan pertanian sayuran organik, untuk menganalisis alternatif – alternatif startegi dalam pengembangan pertanian organik, dan untuk menentukkan strategi prioritas dalam pengembangan pertanian sayuran organik. Lokasi penelitian ini dilakukan dengan pertimbangan CV. PPO merupakan salah satu tempat yang memproduksi dan menyediakan produk pertanian organik di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang. Data primer diperoleh dari hasil pengamatan langsung, diskusi serta wawancara dengan responden, data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, makalah, BPS. Analisis data yang digunakan untuk menjawab tujuan yaitu analisis matriks IFE, analisis matriks EFE, analisis matriks IE, analisis matriks SWOT dan analis matriks QSP. (1) Hasil penelitian menunjukkan 10 faktor kekuatan, 7 faktor kelemahan, 6 faktor peluang dan 6 faktor ancaman. (2) Hasil perhitungan matriks IFE menunjukkan bahwa jumlah skor faktor kekuatan sebesar adalah 2,234 dan jumlah skor faktor kelemahan sebesar 0,702 yang berarti bahwa pengaruh faktor kekuatan lebih besar di bandingkan pengaruh faktor kelemahan terhadap pengembangan usaha sayuran organik. Sedangkan hasil perhitungan matriks EFE menunjukkan bahwa jumlah skor faktor peluang sebesar 1,805 dan jumlah skor faktor ancaman sebesar 0,769 yang berarti bahwa pengaruh faktor peluang lebih besar dari faktor ancaman terhadap pengembangan usaha sayuran organik. (3) Pada matriks IE posisi CV PPO berada di kuadran I yangberarti bahwa CV PPO ini kuat dan berpeluang. Strategi yang diberikan adalah Agresif, dimana ada kekuatan yang dimanfaatkan untuk meraih peluang yang menguntungkan. (4) Analisis matriks SWOT menghasilkan 6 strategi yaitu menciptakan kemasan produk yang menarik agar bisa bersaing dengan produk pertanian lainnya, mengadopsi teknologi pertanian green house untuk mengatasi pengaruh iklim, menciptakan tempat pemasaran yang lebih strategis, memaksimalkan fasilitas, modal dan sertikasi lahan serta produk yang ada dalam memproduksi serta memenuhi permintaan pasar, memanfaatkan kesempatan P4S untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta menciptakan pasar yang lebih luas, Mengoptimalkan penggunaan jasa internet untuk memperluas pemasaran produk. (5) Analisis matriks QSP menghasilkan strategi menciptakan kemasan produk yang menarik agar bisa bersaing dengan produk pertanian lainnya dengan jumlah skor sebesar 5,653 merupakan strategi prioritas.
Kata kunci : Usaha Sayuran Organik, CV PPO, Strategi Pengembangan, IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Eri Arodi Sefi - Personal Name
|
Student ID |
1504020052
|
Dosen Pembimbing |
CHARLES KAPIORU - 19630824198702100 - Dosen Pembimbing 1
MADE TUSAN SURAYASA - 19590718 198792 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Charles Kapioru - 19630824198702100 - Ketua Penguji
Made T. Surayasa - 195907181987021001 - Penguji 1 SONDANG PUDJIASTUTI - 195904201987022001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
54201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Agribisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
542.01 Sef S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |