KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR

Detail Cantuman

Skripsi

KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR

XML

Penelitian ini dilakukan dengan metode review article dengan tujuan menjelaskan konsep kemampuan metakognisi, mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa SMP dalam pemecahan masalah aljabar, dan menyajikan rekomendasi. Tahapan yang dilakukan adalah 1) mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan topik yang akan direview, 2) mencari dan menentukan basis data artikel, membuat batasan dari artikel yang akan dipilih, memilih artikel yang akan digunakan, 3) menganalisis artikel dengan membagi artikel ke dalam tabel ringkasan, menganalisis temuan, menyajikan rekomendasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa hanya memenuhi indikator perencanaan (planning) dalam aktifitas pemecahan masalah aljabar. Hal ini disebabkan karena adanya kesalahan fakta dan pemahaman konsep yang belum dipenuhi dengan baik oleh siswa. Direkomendasikan kepada 1) guru untuk dapat mengembangkan kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah aljabar, 2) peneliti selanjutnya untuk mengembangkan rancangan pembelajaran yang mampu menggali kemampuan metakognisi siswa, serta meneliti lebih lanjut kemampuan metakognisi siswa SMP dalam pemecahan masalah geometri dan statistika.

Kata Kunci : Metakognisi, Pemecahan Masalah Matematika, Aljabar


Detail Information

Item Type
Penulis
STEPHANY TAMAR MONE - Personal Name
Student ID
1701030037
Dosen Pembimbing
Penguji
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 mon k
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA