Meta-Analisis Pengaruh Intervensi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa

Detail Cantuman

Skripsi

Meta-Analisis Pengaruh Intervensi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa

XML

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh intervensi pembelajaran secara keseluruhan terhadap kemampuan berpikir matematis siswa serta mengetahui perbedaan pengaruhnya ditinjau dari jenjang pendidikan, jenis intervensi yang diterapkan dan jenis kemampuan berpikir matematis siswa .
Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Meta-analisis adalah jenis penelitian kuantitatif yang menggabungkan hasil beberapa penelitian sejenis terdahulu menggunakan metode statistika. Metode yang digunakan adalah survei pada hasil-hasil penelitian sejenis pada 30 artikel publikasi.
Hasil penelitian meta-analisis ini mengungkapkan bahwa intervensi pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir matematis siswa, di mana jika effect size dikategorikan menurut Cohen’s d, terdapat 15 artikel berefek tinggi, 12 artikel berefek sedang, dan 3 artikel berefek rendah. Hasil perhitungan statistik deskriptif menunjukan rata-rata effect size 30 artikel adalah 1,08. Hasil tersebut menyatakan bahwa penerapan intervensi pembelajaran memberikan pengaruh yang tinggi terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa. Hasil analisis berdasarkan jenjang pendidikan menunjukan bahwa nilai Thitung = 1,497 sedangkan nilai Ttabel = 2,069 maka nilai Thitung < Ttabel, berdasarkan jenis intervensi pembelajaran menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,098 > 0,05 dan analisis perbedaan berdasarkan jenis kemampuan berpikir matematis menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,882 > 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh intervensi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir matematis siswa ditinjau dari jenjang pendidikan, jenis intervensi dan jenis kemampuan berpikir matematis siswa.

Kata kunci : Intervensi Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Matematis, Meta-Analisis


Detail Information

Item Type
Penulis
Maylan Triana Pidi - Personal Name
Student ID
1701030034
Dosen Pembimbing
Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 pid m
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA