Skripsi
PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh motivasi belajar, pengaruh kemandirian belajar, dan pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi SPLDV peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Kupang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Kupang. Sampel yang di ambil sebanyak 77 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini diperoleh hasil uji t_hitung=2,496 > t_tabel=1,995 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Hasil uji t_hitung=2,775>t_tabel=1,995 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Hasil uji F_hitung=4,195>F_tabel=3,09 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar Matematika, Analisis regresi linear seerhana, analisis regresi linear berganda.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
HALEN MELYANTI NDU UFI - Personal Name
|
Student ID |
1701030061
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Ofirenty Elyada Nubatonis,M.Pd - 19861029 201903 2 010 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842,02 UFI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |