PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh motivasi belajar, pengaruh kemandirian belajar, dan pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi SPLDV peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Kupang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Kupang. Sampel yang di ambil sebanyak 77 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F.

Hasil penelitian ini diperoleh hasil uji t_hitung=2,496 > t_tabel=1,995 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Hasil uji t_hitung=2,775>t_tabel=1,995 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Hasil uji F_hitung=4,195>F_tabel=3,09 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar Matematika, Analisis regresi linear seerhana, analisis regresi linear berganda.


Detail Information

Item Type
Penulis
HALEN MELYANTI NDU UFI - Personal Name
Student ID
1701030061
Dosen Pembimbing
Penguji
Ofirenty Elyada Nubatonis,M.Pd - 19861029 201903 2 010 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842,02 UFI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA