Proses Internalisasi Nilai-Nilai Etos Kerja Dari Raja Koroh (Studi Kasus Desa Teunbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Proses Internalisasi Nilai-Nilai Etos Kerja Dari Raja Koroh (Studi Kasus Desa Teunbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang)

XML

Tujuan dari pada penelitian ini untuk mengetahui Bagaiman Proses Internalisasi Nilai-nilai Etos Kerja dari Raja Koroh Terhadap Masyarakt. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial teori ini menjelaskan tentang tahapan sosial melalui tindakan dan interaksi manusia atau sekelompok manusia menciptakan secara terus-menerus suatu kenyataan lingkungan sosial yang dimiliki dan dialami bersama-sama yang berakar pada paradigma konstruktif, atau bersifat membina, membangun dan memperbaiki kenyataan realita sebagai konstruksi sosial yang diciptakan oleh manusia. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Desa Teunbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang. Informan pada penelitian ini berjumlah tujuh orang dengan kriteria tiga orang tokoh masyarakat empat orang masyarakat biasa yang mengetahui serta merasakan nilai-nilai etos kerja dari Raja Koroh pada waktu itu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang didasarkan pada data-data tertulis, gambar dan bukan angka-angka, teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah, observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Proses Internalisasi Nilai-nilai dari Raja Koroh, dilihat dari nilai-nilai yang diwariskan serta proses internalisasi etos kerja terhadap masyarakat dapat membawa dampak positif terhadap etos kerja masyarakat baik bertani, berternak, maupun membuat tenun ikat. Hal tersebut dapat dilihat bahwa, masyarakat secara umum dapat meneladani serta menerima nilai-nilai etos kerja dengan baik melalui tindakan serta usaha yang dilakukan masyarakt untuk bekerja sesuai nilai-nilai moral yang telah diwariskan terhadap masyarakat. Proses pewarisan etos kerja, serta proses internalisasi nilai-nilai yang ada didalam masyarakat bertujuan dapat dijunjung tinggi serta dicontohi oleh masyarakat luas khususnya kaum milenial sebagai acuan dalam bekerja. Penulis memiliki sara-saran sebagai solusi atas masalah yang dikaji antara lain, masyarakat milenial sebagai kaum penerus diharapkan dapat menerima dan menjujung tinggi nilai-nilai etos kerja yang diinternalisasikan secara baik dan benar sehingga nilai-nilai yang geluti tetap dilestarikan agar tidak dipengaruhi oleh budaya luar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Mardiyance Nobel Bois - Personal Name
Student ID
1703030142
Dosen Pembimbing
JOSEP EMANUEL JELAHUT - 196412241992031003 - Dosen Pembimbing 1
IMANTA I PERANGINANGIN - 197408142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Ketua Penguji
Imanta I Peranginangin - 197408142005011002 - Penguji 1
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Bois P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA