Skripsi
Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sosial, Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Raijua Pada Materi Persamaan Kuadrat
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar, terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh disiplin belajar, lingkungan sosial, dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah ex-post-facto yaitu penelitian korelasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 2 Raijua dengan jumlah populasi sebanyak 112 siswa. Pengambilan sampel mengunakan teknik Simple Random Sampling dan untuk ukuran sampel dari jumlah populasi menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert 4 untuk variabel disiplin belajar, lingkungan sosial, dan minat belajar, serta tes prestasi belajar untuk variabel prestasi belajar matematika. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda serta uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Disiplin belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel (1,455 < 2,01063) dan sig. (0,152) > 0,05; (2) Lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel (1,644 < 2,01063) dan sig. (0,102) > 0,05; (3) Minat belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel (1,624 < 2,01063) dan sig. (0,111) > 0,05; (4) Disiplin Belajar, Lingkungan Sosial, dan Minat belajar secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung < Ftabel (1,066 < 2,80) dan sig. (0,372) > 0,05.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ARIYATI WUE RAGA - Personal Name
|
Student ID |
1701030024
|
Dosen Pembimbing |
KRISNANDARI EKOWATI - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Rag P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |