Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sosial, Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Raijua Pada Materi Persamaan Kuadrat

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sosial, Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Raijua Pada Materi Persamaan Kuadrat

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar, terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh disiplin belajar, lingkungan sosial, dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah ex-post-facto yaitu penelitian korelasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 2 Raijua dengan jumlah populasi sebanyak 112 siswa. Pengambilan sampel mengunakan teknik Simple Random Sampling dan untuk ukuran sampel dari jumlah populasi menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert 4 untuk variabel disiplin belajar, lingkungan sosial, dan minat belajar, serta tes prestasi belajar untuk variabel prestasi belajar matematika. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda serta uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Disiplin belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel (1,455 < 2,01063) dan sig. (0,152) > 0,05; (2) Lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel (1,644 < 2,01063) dan sig. (0,102) > 0,05; (3) Minat belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel (1,624 < 2,01063) dan sig. (0,111) > 0,05; (4) Disiplin Belajar, Lingkungan Sosial, dan Minat belajar secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung < Ftabel (1,066 < 2,80) dan sig. (0,372) > 0,05.


Detail Information

Item Type
Penulis
ARIYATI WUE RAGA - Personal Name
Student ID
1701030024
Dosen Pembimbing
KRISNANDARI EKOWATI - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Rag P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA