Efektivitas Mediasi Non Litigasi Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Studi Kasus Peran Pastor Paroki Waipukang dalam Menyelesaikan Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga Umat Paroki Santa Maria Bintang Laut Waipukang)

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Mediasi Non Litigasi Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Studi Kasus Peran Pastor Paroki Waipukang dalam Menyelesaikan Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga Umat Paroki Santa Maria Bintang Laut Waipukang)

XML

Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) meruPakan salah satu Permasalahan yang sering terjadi di masyarakat. Kemiskinan, himPitan ekonomi, komunikasi yang kurang baik dalam keluarga, serta Perselingkuhan menjadi faktor Penyebab terjadinya kasus kekerasan dalam rumah tangga. Dalam Penyelesaian kasus kekerasaan dalam rumah tangga Umat Paroki WaiPukang, Pastor Paroki WaiPukang menyelesaikan melalui jalur non litigasi (diluar Pengadilan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mediasi non litigasi oleh Pastor Paroki dalam menyelesaikan kasus kekerasaan dalam rumah tangga umat Paroki Santa Maria Bintang Laut WaiPukang. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian hukum emPiris, yang melihat keadaan dan fakta-fakta yang ada didalam masyarakat dari wawancara dan studi kePustakaan serta Pengamatan langsung untuk memPeroleh gambaran secara utuh dan lengkaP. Hasil Penelitian uPaya mediasi non litigasi Penyelesaian kasus kekerasaan dalam rumah tangga oleh Pastor Paroki Santa Maria Bintang Laut WaiPukang efektif, karena Pemahaman masyarakat terkhususnya umat Paroki Santa Maria Bintang Laut WaiPukang masih memandang Pastor sebagai figur disegani dan dihormati serta menjunjung tinggi hukum Perkawinan gereja katolik. Saran diharaPkan Pihak gereja untuk turut berPeran aktif melakukan sosialisasi di Stasi-stasi dan kunjungan Pastoral ke keluarga-keluarga dengan memberikan standar membina keluarga yang baik, serta membangun kolaborasi dan sinergi dengan Pihak kePolisian dan organisasi layanan sosial untuk melakukan uPaya Pencegahaan serta deteksi dini kekerasaan dalam rumah tangga.

Kata Kunci : Efektivitas, Mediasi Non Litigasi, Kekerasaan dalam Rumah Tangga, Pastor Paroki, dan Umat Paroki WaiPukang.


Detail Information

Item Type
Penulis
RAYMUNDUS LIMA - Personal Name
Student ID
1602010060
Dosen Pembimbing
KAROLUS KOPONG MEDAN - 196204221990031001 - Dosen Pembimbing 1
DARIUS A KIAN - 197908272006041003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karolus Kopong Medan - 196204221990031001 - Ketua Penguji
Darius A Kian - 197908272006041003 - Penguji 1
Rosalind Angel Fanggi - 198112122005012002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LIM E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA