Peran Masyarakat Pesisir Dalam Pelestarian Lingkungan Pesisir (Studi kasus Desa Mataru Selatan Kecamatan Mataru Kabupaten Alor)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Masyarakat Pesisir Dalam Pelestarian Lingkungan Pesisir (Studi kasus Desa Mataru Selatan Kecamatan Mataru Kabupaten Alor)

XML

Judul penelitian ini adalah peran masyarakat pesisir dalam pelestarian lingkungan pesisir (studi khasus Desa Mataru Selatan Kecamatan Mataru Kabupaten Alor). Masyarakat adalah satu kesatuan individu atau sebuah kelompok yang tinggal menetap dan saling berinteraksi dalam suatu wilayah dalam hal ini wilayah pesisir Desa Mataru Selatan, masyarakat pesisir adalah masyarakat yang bertempat tinggalnya di wilayah pesisir, antara masyarakat dengan lingkungan itu saling memiliki hubungan ketergantungan, masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memamfaatkan sumberdaya laut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah peran masyarakat pesisir Desa Mataru Selatan dalam melestarikan lingkungan pesisir. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran masyarakat pesisir dalam melestarikan lingkungan pesisir. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran menurut Ralp Linton. Motode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Dalam menentukan informan menentukan dengan cara tersendiri yaitu menggunakan metode purposive sampling atau sampel bertujuan. Loaksi penelitian, penelitian ini dilakukan di Desa Mataru Selatan Kecamatan Mataru Kabupaten Alor. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran masyarakat pesisir dalam melestarikan lingkungan pesisir ada dua, yang pertama pembersihan lingkungan pesisir yang dilakukan secara bergotong royong hal ini suda menjadi kebiasan terun temurun dan juga pelarangan pengeboman ikan menggunakan bom ikan.. Kesimpulannya adalah penelitian ini disimpulkan dua hal yaitu peran yang dilakukan adalah pembersihan lingkungan pesisir dan juga pelarangan pengeboman ikan. Saran saya disarankan kepada seluru warga Masyarakat Desa Mataru selatan agar dapat memperkuat solidaritas sosial dari berbagai pihat untuk membersikan dan menjaga kelestarian lingkungan sehingga dapat dipelihara dengan baik.


Detail Information

Item Type
Penulis
Lasarus Lanbeka - Personal Name
Student ID
1603030159
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
IMANTA I PERANGINANGIN - 197408142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Imanta I Peranginangin - 197408142005011002 - Penguji 1
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 LAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA