Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisionterhadap Hasil Belajar Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Rote Barat
XMLTujuan dan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat ketercapaian kemampuan menulis teks negosiasi melalui model pembelajaran kooperatif
tipe STAD pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Rote Barat TahunAjaran2021/2022 pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Subjekdari
penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Rote Barat. Metodeyangdigunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada tahap perencanaan yang meliputi perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, pergorganisasianmateri ajar, pemilihan sumber atau materi pembelajaran, kejelasan skenariopembelajaran, kerincian skenario pembelajaran, kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran, kelengkapan instrumen penilaian, pelaksanaandanpenilaian pada siklus I termasuk dalam kategori kurang yakni denganreratakelas baru mencapai 66,06%, sehingga harus dilanjutkan pada siklus II. Padasiklus ini, ditekankan pada indikator-indikator pembelajaran yaitu aspekkelengkapan struktur teks negosiasi, aspek kelengkapan kaidahteksnegosiasi, aspek isi, aspek penggunaan ejaan, kalimat, dan bahasayangbelum dicapai pada siklus I. Berdasarkan hasil analisis pada siklus II, hasil belajar menulis teks negosiasi pada tahap perencanaan, pelaksanaan, danpenilaian termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata kelas mencapai 86,5625% Dengan demikian, keterampilan menulis teks negosiasi siswakelasVIII B SMP Negeri 3 Rote Barat sudah mencapai hasil yang ditetapkandalamkurikulum.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar menulisteksnegosiasi.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
RAHEL BOBOY - Personal Name
|
Student ID |
1701010020
|
Dosen Pembimbing |
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1 Samuel H Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 BOB P
|
Copyright |
Universitas Nusa Cendana
|
Doi |