Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisionterhadap Hasil Belajar Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Rote Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisionterhadap Hasil Belajar Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Rote Barat

XML

Tujuan dan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat ketercapaian kemampuan menulis teks negosiasi melalui model pembelajaran kooperatif
tipe STAD pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Rote Barat TahunAjaran2021/2022 pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Subjekdari
penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Rote Barat. Metodeyangdigunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada tahap perencanaan yang meliputi perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, pergorganisasianmateri ajar, pemilihan sumber atau materi pembelajaran, kejelasan skenariopembelajaran, kerincian skenario pembelajaran, kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran, kelengkapan instrumen penilaian, pelaksanaandanpenilaian pada siklus I termasuk dalam kategori kurang yakni denganreratakelas baru mencapai 66,06%, sehingga harus dilanjutkan pada siklus II. Padasiklus ini, ditekankan pada indikator-indikator pembelajaran yaitu aspekkelengkapan struktur teks negosiasi, aspek kelengkapan kaidahteksnegosiasi, aspek isi, aspek penggunaan ejaan, kalimat, dan bahasayangbelum dicapai pada siklus I. Berdasarkan hasil analisis pada siklus II, hasil belajar menulis teks negosiasi pada tahap perencanaan, pelaksanaan, danpenilaian termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata kelas mencapai 86,5625% Dengan demikian, keterampilan menulis teks negosiasi siswakelasVIII B SMP Negeri 3 Rote Barat sudah mencapai hasil yang ditetapkandalamkurikulum.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar menulisteksnegosiasi.


Detail Information

Item Type
Penulis
RAHEL BOBOY - Personal Name
Student ID
1701010020
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Samuel H Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 BOB P
Copyright
Universitas Nusa Cendana
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA