Skripsi
Analisis Pengaruh Interferensi Gelombang Frekuensi Radio Terhadap Kinerja Sistem Komunikasi Penerbangan di Bandar Udara El Tari Kupang
XMLKomunikasi penerbangan berfungsi untuk memberikan pelayanan, seperti mengizinkan pengontrol untuk instruksi lalu lintas, informasi cuaca, dan kondisi pendaratan bandara kepada pilot pesawat. Khusus untuk Bandar Udara El Tari sendiri, kasus gangguan komunikasi berupa interferensi sangat rentan terjadi sehingga dapat mengganggu kelancaran dan keselamatan penerbangan. Pada penelitian ini, akan dilakukan analisis potensi interferensi beberapa
sinyal radio dari luar dan pengaruhnya terhadap kinerja sistem komunikasi penerbangan di Bandar Udara El tari Kupang. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan dan simulasi dRSS, iRSS, dan C/I di masing-masing sampel jarak yang diambil berdasarkan batasan pengontrolan ATC terhadap pilot pesawat. Hasil perhitungan C/I menunjukan dua kondisi, pertama, ATC aman terhadap interferensi dari RRI Kupang PRO 1-4 pada jarak 10-20 km dan RRI Kupang PRO 2-4 dijarak 30 km. Kedua, ATC berpotensi mengalami interferensi dari RRI Kupang Pro 1 pada jarak 30 km dan RRI Kupang Pro 1-4 dijarak 40-50 km. Dari data yang telah dihasilkan, ditunjukan bahwa antena yang cenderung berpotensi besar mengganggu
sistem komunikasi penerbangan adalah antena dari AURI.
Kata Kunci : Sistem Komunikasi Penerbangan, Interferensi, dRSS, iRSS, C/I
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Yohanes Wilfridus Dion Putra - Personal Name
|
Student ID |
1706030017
|
Dosen Pembimbing |
SAMY YEVERSON DOO - 197603072001121003 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Don E A D G Pollo - 197901142003121003 - Ketua Penguji
Samy Yeverson Doo - 197603072001121003 - Penguji 1 Molina Olivia Odja - 197901022008122001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
20201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Elektro
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
202.01 Put A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |