Penggunaan Facebook Dan Motivasi Belajar Dikalangan Mahasiswa Berdasarkan Klasifikasi Penggunaan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Facebook di RT 016 RW 006, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Facebook Dan Motivasi Belajar Dikalangan Mahasiswa Berdasarkan Klasifikasi Penggunaan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Facebook di RT 016 RW 006, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

XML

Tujuan untuk mencari tahu dan mendeskripsikan penggunaan facebook dan motivasi belajar di kalangan mahasiswa berdasarkan klasifikasi penggunaan, durasi penggunaan, waktu penggunaan, dan keperluaan penggunaan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teori yang digunakan adalah Dependency Theory yang diperkenalkan oleh Sandra Ball-Rokeach dan Melvin DeFleur. Model ini memperlihatkan bahwa individu bergantung pada media untuk pemenuhan kebutuhan atau untuk mencapai tujuannya. Temuan penelitian menunjukan klasifikasi penggunaan facebook di kalangan atas aktif, pengguna kurang aktif dan pengguna pasif. Jumlah jam yang dihabiskan untuk berselancar di facebook, pengguna aktif (>5 jam) sebesar 82,5%, pengguna kurang aktif (2-4 jam) sebesar 7.5%, dan pengguna pasif (<2 jam) sebesar 10%. Waktu penggunaan facebook (pagi, siang, sore hingga malam), dengan rincian pagi hari sebesar 15%, pengguna siang hari sebesar 30%, dan pengguna malam sebesar 55%. Tujuan penggunaan facebook dalam hal ini berhubungan dengan eksistensi, hiburan, informasi, dan edukasi. Efektifitas durasi belajar mahasiswa pengguna facebook yang ideal, yakni 7-8 jam hanya 10%, sementara sisanya 90% mahasiswa pengguna facebook memanfaatkan waktu belajar kurang dari waktu ideal. Motivasi belajar mahasiswa pengguna facebook digolongkan atas kriteria sangat termotivasi sebesar 27,5%, kurang termotivasi atau bahkan tidak termotivasi sebesar 72,5%. Penggunaan facebook menyita banyak waktu mahasiswa, mengakibatkan beberapa efek yang ditimbulkan diantaranya: efek kognitif, efek afektif, dan efek behavioral.
Kata Kunci:Facebook, Dependency Theory Motivasi Belajar, Durasi Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA GURETI DEOK - Personal Name
Student ID
1723030013
Dosen Pembimbing
YERMIA DJEFRI MANAFE - 197003032005011001 - Dosen Pembimbing 1
JOSEP EMANUEL JELAHUT - 196412241992031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Ketua Penguji
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Penguji 1
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 DEO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA