Peran Pendidik Dalam Proses Sosialisasi Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus TK Fioreti Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Pendidik Dalam Proses Sosialisasi Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus TK Fioreti Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pendidik dalam proses sosialisasi perkembangan sosial pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak (TK) Fioreti Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Peneliti menggunakan teori peran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menginterprestasikan suatu masalah penelitian berdasarkan datadata dari uraian yang bersifat deskriptif atau naratif melalui kata-kata yang diperoleh dari proses wawancara intensif, observasi mendalam, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah sekaligus pendidik, 4 orang tenaga pendidik, dan 2 orang tua murid Taman Kanak-kanak Fioreti. Teknik pengambilan informan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat purposive sampling, dengan tujuan agar peneliti mendapatkan informasi yang sesuai atau berkaitan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik dalam proses sosialisasi perkembangan sosial pada anak usia dini yakni pendidik sebagai pendidik sebagai fasilitator. Berkaitan dengan fasilitator tersebut ada dua yang dilakukan pendidik yakni, menggunakan metode
sentra dalam proses belajar mengajar dan mengembangkan nilai agama dan moral anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa, pendidik di sekolah sebagai fasilitator untuk peserta didik, membantu anak dalam proses belajar mengajar, mengubah lingkungan anak, dan membantu anak dalam pengalaman belajar. Pendidik juga sebagai orang tua anak ketika berada di sekolah yang membantu orang tua dalam pembentukkan kepribadian anak. Saran dari penelitian ini pertama bagi orang tua murid diharapkan untuk memahami dan meresapi pentingnya pendidik sejak usia dini dan untuk lebih memahami perkembangan anak, jangan jadikan sekolah sebagai pusat dalam pembentukan kepribadian anak. Kedua bagi pendidik untuk lebih memahami setiap perkembangan anak baik dalam bidang kognitif maupun dalam proses sosial anak, bisa memberikan contoh yang baik terhadap anak dengan berperilaku dan bertutur kata yang baik, dan harus adanya kerja sama antara pendidik dan orang tua.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA SEBINA MILDA - Personal Name
Student ID
1703030011
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Mil P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA