Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Perbatasan Manggarai Timur Dan Ngada (Studi Kasus Desa Wae Rasan, Kecamatan Elar Selatan Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Perbatasan Manggarai Timur Dan Ngada (Studi Kasus Desa Wae Rasan, Kecamatan Elar Selatan Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Penelitian Dengan tujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi pada masyarakat perbatasan di Desa Wae Rasan Kecamatan Elar Selatan Kabupaten Manggarai Timur. Penelitian ini di tinjau dari teori strukturasi Antohny Giddens. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik pengambilan informan yaitu dengan purposive sampling. Teknik pengambilan informan dalam penelitian ini adalah 10 informan terpilih yang berada dalam usia produktif kerja yang berbeda usia, latar belakang, dan pendidikan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data dari informen. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah masyarakat perbatasan yang ada di Desa Wae Rasan memiliki kondisi sosial ekonominya yang sanggat rendah, karena dilihat dari pekerjaan pada masyarakat perbatasan sebagai petani. Hal ini dilihat dari usaha para petani untuk bekerja dalam meningkatkan produktifitas yang di peroleh dalam setiap bulan tidak merata, namun dengan itu para petani Wae Rasan tetap melaksanakan tugasnya sebagai petani. Dari hasil penelitian tersebut, di sarankan agar masyarakat perbatasan perlu adanya kemakmuran dan kesejateraan masyarakat di Desa Wae Rasan khususnya kondisi sosial ekonomi yang sangat rendah yaitu dapat memberikan bantuan modal dan bisa membuka lapangan pekerjaan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Yasinta Mimas - Personal Name
Student ID
1623030044
Dosen Pembimbing
Penguji
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 1
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 MIM K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA