PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT MODERN ( Studi Kasus pada Perilaku Konsumtif Warga Kota Kupang Di Resto Brutus Chicken 04 Oesapa)

Detail Cantuman

Skripsi

PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT MODERN ( Studi Kasus pada Perilaku Konsumtif Warga Kota Kupang Di Resto Brutus Chicken 04 Oesapa)

XML

Adapun beberapa tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perilaku konsumtif masyarakat Kota Kupang di Resto Brutus Chicken 04 Oesapa, faktor penyebab perilaku konsumtif masyarakat Kota Kupang, serta mengetahui dampak dari perilaku konsumtif bagi masyarakat Kota Kupang di resto Brutus 04 Oesapa. Adapun teori yang digunakan dalam analisis data penelitian ini adalah teori Jean Baudrillard tentang masyarakat konsumsi. Dalam masyarakat konsumsi, ketika mereka memiliki uang, maka di situlah mereka bebas mengkonsumsi apapun yang mereka inginkan. Namun, dalam hal ini masyarakat konsumsi atau masyarakat modern tidak lagi
mengkonsumsi barang berdasarkan nilai gunanya melainkan karena nilai tanda/simbolis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan melalui insidental sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat Kota Kupang yang tergolong berperilaku konsumtif ialah mereka yang berasal dari kalangan kelas sosial menengah ke atas. Perilaku konsumtif masyarakat Kota Kupang dapat dilihat dari keseringan mereka mengunjungi Brutus dalam sebulannya yakni 3-10 kali sebagai bentuk candu masyarakat untuk menunjukkan status sosial, kekayaan, prestise dan kepuasan bagi pelakunya. Selain itu, aktivitas yang mereka lakukan di resto Brutus yakni makan, nongkrong berjam-jam, dan menghabiskan lebih banyak waktu di sana. Motivasi mereka mengunjungi resto Brutus Oesapa pun beragam, mulai dari mencari hiburan hingga sebagai ajang pamer dan menunjukkan status sosial mereka. Sekali makan, mereka menghabiskan biaya yang cukup besar untuk jatah makanan, yakni RP 50.000,00-Rp 400.000,00. Indikator perilaku konsumtif masyarakat meliputi: ingin coba-coba produk, menjaga status sosial, dan membeli produk untuk menjaga penampilan dan gengsi. Faktor penyebab perilaku konsumtif adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi motivasi konsumen untuk mencari hiburan dan rekreasi, kepribadian pelaku yakni gaya hidup mewah, serta faktor keadaan ekonomi atau status sosial. Sedangkan faktor eksternal meliputi pengaruh lingkungan sosial dan media sosial. Adapun dampak perilaku konsumtif bagi masyarakat Kota Kupang di resto Brutus Chicken 04 Oesapa terbagi atas dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif meliputi sebagai penghilang stres, memberikan kepuasan, dan mengikuti perkembangan zaman. Sedangkan dampak negatif meliputi perilaku konsumtif itu sendiri, makanan cepat saji berbahaya bagi kesehatan, serta boros dan kecanduan. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka saran yang direkomendasikan penulis adalah bagi masyarakat Kota Kupang, hendaknya bersikap kritis dan rasional untuk mendisermen barang yang dikonsumsi. Utamakan kebutuhan daripada keinginan.


Detail Information

Item Type
Penulis
FRANSISKA SURYATI DAMLI - Personal Name
Student ID
1803030102
Dosen Pembimbing
Lasarus Jehamat, S.Sos, MA - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs.Herman Y. Utang,L.Ph - 196602212006041001 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat, S.Sos, MA - 197805242006041006 - Penguji 1
Drs.Aris Lambe,M.Si - 196205021990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Dam P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA