Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Amfoang Barat Daya Pada Materi Hewan

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Amfoang Barat Daya Pada Materi Hewan

XML

Penelitian telah dilaksanakan pada bulan November tahun ajaran 2021/2022, di Desa Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Amfoang Barat Daya Pada Materi Hewan. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan secara bersiklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan-tahapan plan (perencanaan), act (pelaksanaan), observ (pengamatan) dan reflect (refleksi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup data observasi, angket minat, test, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian siswa SMA Negeri 1 Amfoang Barat Daya kelas X MIA dengan jumlah 18 orang. Hasil penelitian yang didapatkan pada penerapan model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Amfoang Barat Daya pada materi hewan yaitu, pada pelaksanaan siklus I masih kurang keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas pada saat
diskusi, siswa belum berani bertanya berkaitan dengan materi, dan kurang bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Lalu, aktivitas guru pada siklus I masih melupakan beberapa komponen dalam kegiatan belajar di kelas. Pada siklus II mengalami peningkatan perubahan dengan dibuktikan pada siklus II siswa sudah aktif dalam berdiksusi, siswa sudah berani bertanya berkaitan dengan materi, dan sudah mampu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Lalu, aktivitas guru pada siklus II sudah sesuai dengan proses mengajar yang benar di kelas. Hal ini berdampak pada peningkatan minat yang dicapai oleh 18 siswa
yang mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada siklus I minat belajar siswa diperoleh sebesar 78,94% dan pda siklus II minat belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 86,94%. Dengan demikian, hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 67dan kentuntasan klasikal mencapai 33%. Lalu, mengalami peningkatan pada siklus II nilai rata-ratanya 82 dengan kentuntasan klasikal 89%.

Kata Kunci : Cooperative Script, Minat Belajar, Materi Hewan


Detail Information

Item Type
Penulis
FITRYYABES TAK - Personal Name
Student ID
1701040068
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULUS TAEK - - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 TAK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA