Dampak Relokasi Pasar Reda Mata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Masyarakat Pasar Baru Di Desa Pogo Tena, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Relokasi Pasar Reda Mata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Masyarakat Pasar Baru Di Desa Pogo Tena, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak Relokasi Pasar Reda Mata Tehadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Pogo Tena. Teori yang dipakai adalah teori perubahan sosisal yang dikemukakan oleh Wiryohandoyo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 11 orang informan yang terdiri dari 7 orang pedagang dan 4 orang masyarakat biasa. Hasil penelitian adanya peningkatan ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat yang mana masyarakat setempat dengan adanya pasar baru tersebut pekerjaan yang semula hanya sebagai petani dengan adanya perubahan sosial masyarakat juga bekerja sebagai pedagang dipasar baru tersebut. Selain itu masyarakat suda mulai membuka usaha sendiri di rumah seperti membuka kios kecil, tambal ban dan menjual bensin eceran di sisi lainjuga dengan adanya Pasar Oba Komi hasil-hasil bumi yang selama ini ada dalam Desa Pogo Tena bisa dipasarkan dalam desa sendiri. Kesimpulan adanya dampak dari relokasi Pasar Reda Mata. Dampak tersebut terbagi menjadi dua yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yang diperoleh yaitu: meningkatnya perekonomian masyarakat setempat, terbukannya peluang usaha baru, akses yang mudah terhadap lokasi pasar, serta meningkatnya nilai guna tanah dan rumah. Sedangkan dampak negatif terjainya kecemburuan sosial antara pedagang lokal dan pendatang dan adanya kebisingan dari suara kendaraan yang melintas sepanjang hari.Saran Kepada pihak yang berwajib dari konteks ini adalah pemerintah setempat untuk tetap meningkatkan pembangunan dengan melengkapi fasilitas pasar serta meningkatkan nilai jual dari barang dagangan masyarakat. Kepada masyarakat setempat di harapkan untuk mampu menjaga fasitas yang telah digunakan sebagai wujud pertangung jawaban masyarakat atas pembangunan yang sudah direalisasikan pemerintah. Kepada pedagang diharapkan agar kerja sama dengan pihak pengelolah pasar, pemerintah serta sesama pedagang untuk menciptakan pasar yang tertip dan nyaman.


Detail Information

Item Type
Penulis
YOHANES MALO - Personal Name
Student ID
1734030004
Dosen Pembimbing
Penguji
Drs.Aris Lambe,M.Si - 196205021990031001 - Ketua Penguji
Hildigardis M.I.Nahak S.Sos. M.Si - 19790501200642001 - Penguji 1
Dr. Hotlif A. Nope, MA - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Mal K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA