Skripsi
Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Pulau-Pulau Terselatan Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun Ajaran 2021/2022
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pulau-Pulau Terselatan kabupaten Maluku Barat Daya Tahun Ajaran 2021/2022 dalam Menulis Teks Eksposisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menulis, oleh karena itu kemampuan yang akan diukur dalam penelitian ini adalah Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pulau-Pulau Terselatan Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian kemampuan menulis teks eksposisi siswa sudah cukup baik dan telah memenuhi standar ketuntasan minimal (KKM), dilihat dari jumlah dan persentasenya yakni 70,83%. Hasil penilaian struktur teks eksposisi dan unsur kebahasaan dalam teks eksoposisi tulisan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pulau-Pulau Terselatan Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun Ajaran 2021/2022, dari masing-masing aspek penilaian adalah sebagai berikut. (1) Isi tulisan teks eksposisi siswa memperoleh persentase 50% dikategorikan baik. Adapun kesalahan yang sering ditemukan pada aspek isi ini yaitu pengembangan ide pokok eksposisinya masih kurang, penggunaan kata antar kalimat kurang tepat sehingga pembaca tidak paham isi tulisan tersebut. (2) Untuk struktur teks eksposisi siswa memperoleh persentase 42% dikategorikan cukup baik. Adapun kekurangan yang ditemukan dalam tulisan siswa yakni secara struktur teks eksposisi sudah lengkap hanya implementasi sifat setiap komponennya kurang tepat. (3) Keterpaduan ini memperoleh persentase 42% dikategorikan cukup baik. Adapun kelemahan yang ditemukan ialah keterpaduan maknanya kurang jelas, bentuk antar kata membingungkan pembaca, kalimat maupun paragrafnya kurang utuh. (4) Kaidah memperoleh persentase 58% dapat dikategorikan cukup baik. Kekurangan pada aspek ini yakni kaidah kurang lengkap, kurang fokus pada satu topik, tidak menggunakan kata kerja, tidak terdapat konjungsi, tidak menggunakan pendapat para ahli, bahasanya kurang objektif, kalimat tidak pasif, dan tidak menggunakan pronominal. (5) Tata bahasa memperoleh persentase 67% dikategorikan cukup baik. Adapun kesalahan yang ditemukan dalam tulisan siswa yakni masih kurang menguasai aturan penulisan, penggunaan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf. (6) Kerapian tulisan memperoleh persentase 42% dikategorikan cukup baik. Adapun beberapa kesalahan yang ditemukan yakni teks yang dihasilkan kurang rapi yakni penggunaan alinea juga kurang baik, adanya coretan, dan batas penggunaan tepi kanan dan kiri tulisan kurang tepat
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
SELFIA LEWANMERU - Personal Name
|
Student ID |
1701010151
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
I Nyoman Reteg - 196001081986011002 - Ketua Penguji
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 1 Hendrikus Jehane - 195712311987021023 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 Lew K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |