KONTRIBUSI BUDAYA NGENDE TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL (Studi Kasus Pada Masyarakat Pongbali, Desa Golo Meni, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

KONTRIBUSI BUDAYA NGENDE TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL (Studi Kasus Pada Masyarakat Pongbali, Desa Golo Meni, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Tujuan untuk mengetahui pemahaman masyarakat tentang budaya Ngende, dan untuk mengetahui serta mendeskripsikan kontribusi budaya Ngende terhadap solidaritas sosial pada masyarakat Pongbali, Desa Golo Meni. Penelitian ini ditinjau dari Teori Pembagian Kerja dari Emile Durkheim dan Teori Jaminan Sosial dari Imam Soepomo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Teknik pengambilan informan adalah peneliti mengambil 7 informan terpilih yang berbeda usia, berbeda latar belakang, dan pendidikan, diantaranya saudara laki-laki (anak rona), saudara perempuan (anak wina), masyarakat biasa, dan tua adat. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatakn dari setiap informan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, masyarakat Pongbali, sangat percaya bahwa budaya Ngende merupakan jalan keluar dari bentuk derita kesulitan, seperti krisis ekonomi dalam kehidupan mereka. Selanjudnya anak wina walaupun sudah ada kebijakan yang diperoleh dari pemerintah seperti program bantuan langsung tunai (BLT) dan program keluarga harapan (PKH), akan tetapi masyarakat Pongbali masih memegang teguh kebudayaan Ngende karena ini sudah diangap sangat penting oleh masyrakat dan tidak bisa dilepas pisahkan dari kehidupan masyarakat Pongbali. Dalam penelitian ini juga memuat implikasi sosiologis, dimana budaya ini berkembang ditengah arus perkembangan zaman moderen yang mana sebagian masyarakat Pongbali mengangap bahwa budaya Ngende merupakan jalan keluar dari berbagi bentuk krisis dan kesulitan ekonomi masyarakat.
Kata Kunci: Kontribusi Budaya Ngende Terhadap Solidaritas Sosial


Detail Information

Item Type
Penulis
SOFIA RENATA - Personal Name
Student ID
1623030017
Dosen Pembimbing
Lasarus Jehamat, S.Sos, MA - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat, S.Sos, MA - 197805242006041006 - Penguji 1
Drs.Yosep E.Jelahut,M.Si - 17641224 199203 1 003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ren K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA