Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Baca Siswa Kelas V Di SD GMIT 2 Oesao Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Baca Siswa Kelas V Di SD GMIT 2 Oesao Kabupaten Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa kelas V di SD GMIT 2 Oesao Kabupaten Kupang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subjek penelitian ini adalah guru wali kelas V yang berjumlah 1 orang, petugas perpustakaan sekolah yang berjumlah 1 orang dan siswa kelas V yang berjumlah 5 orang dengan rincian 5 orang perempuan. Lalu metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dan yang terakhir adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini dilaksanakan di Oesao, Kabupaten Kupang, Kecamatan Kupang Timur, tepatnya di SD GMIT 2 Oesao. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa kelas V yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal di sini adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri. Faktor internal terdiri dari 1) Faktor kemampuan membaca yaitu kecepatan membaca dan pemahaman isi bahan bacaan secara keseluruhan. 2) Faktor kebiasaan membaca yaitu siswa yang memiliki kebiasaan atau kegemaran terhadap buku. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri. Faktor eksternal terdiri dari 1) Lingkungan sekolah yaitu sekolah yang memiliki peran besar terhadap usaha untuk dapat menumbuhkan dan membina minat baca siswa. 2) Perpustakaan merupakan salah satu penyebab rendahnya minat membaca pada siswa di mana masih minimnya jumlah perpustakaan sekolah yang memadai. 3) Bahan bacaan yaitu rendahnya minat membaca dan kelangkaan bahan bacaan yang berhubungan dengan tingkat daya beli masyarakat yang masih rendah. 4) Guru dapat melakukan banyak dialog dengan menggunakan sumber informasi yang ada misalnya, buku. 5) Keluarga merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi minat membaca pada siswa. Lingkungan keluarga dan sekitarnya yang kurang mendukung kebiasaan membaca pada siswa dapat menyebabkan rendahnya minat membaca pada siswa itu sendiri. 6) Televisi memiliki peran yang sangat besar pengaruhnya untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa adapun faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa kelas V di SD GMIT 2 Oesao Kabupaten Kupang.
Kata Kunci : Faktor Yang Mempengaruhi, Minat, Membaca


Detail Information

Item Type
Penulis
NI LUH PUTU WAHYUNINGSIH - Personal Name
Student ID
1701140129
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Wah F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA