Bentuk Partisipasi Perempuan Di Bidang Pertanian Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Keluarga (Studi Kasus: Desa Waimbidi Kecamatan Kambata Mapambuhang Kabupaten Sumba Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Bentuk Partisipasi Perempuan Di Bidang Pertanian Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Keluarga (Studi Kasus: Desa Waimbidi Kecamatan Kambata Mapambuhang Kabupaten Sumba Timur)

XML

Skripsi ini berjudul “Bentuk Partisipasi Perempuan di Bidang Pertanian Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Keluarga(Studi Kasus: Desa Waimbidi Kecamatan Kambata Mapambuhang Kabupaten Sumba Timur)”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi perempuan di bidang pertanian dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Desa Waimbidi, Kecamatan Kambata Mapambuhang Kabupaten Sumba Timur.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk Partisipasi perempuan di bidang pertanian dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga.Teori yang digunakan adalah Teori Partisipasi. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sumber data yang di peroleh adalah data primer dan data sekunder dengan informan sebanyak 20 orang(10 pasang suami istri), yang terdiri dari petani penyangga. Teknik penentuan informan adalah teknik purposive sampling.Hasil penelitian ini membahas tentang partisipasi perempuan di bidang pertanian dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga, bentuk partisipasi perempuan yaitu partisipasi secara langsung dan partisipasi secara tidak langsung. Partisipasi secara langsung (fisik) yaitu perempuan dapat turun langsung membantu suami dikebun dari tahap pembersihan lahan sampai pada tahap panen. Partisipasi secara tidak langsung (emosional/mental) yaitu perempuan dapat memberikan saran, ide dan pikiran dalam meningkatkan usaha pertanian dan perempuan juga memberikan saran agar hasil dari pertanian mereka dapat ditabung untuk kebutuhan anak-anak juga untuk kebutuhan lainnya. Selain berperan di ranah domestik sebagai ibu rumah tangga yang mengurus suami dan anak-anak,juga berperan di ranah publik yaitu mereka meluangkan waktu untuk membantu suami dalam bertani yaitu berkebun. Kesimpulan dari hasil wawancara di Desa Waimbidi Kecamatan kambata Mapambuhang, Kabupaten Sumba Timur yaitu: pertama perempuan berpertisipasi pada semua tahap dalam bertani(berkebun) bersama laki-laki khususnya yang menonjol pada tahap pembibitan, penanaman, pemupukan, panen, penjualan, penyimpanan hasil panen dan pemanfaatan hasil panen. Yang kedua partisipasi yang dilakukan oleh perempuan atau istri tersebut tidak membuat mereka meninggalkan tugas atau pekerjaan mereka dirumah. Saran kepada perempuan di Desa Waimbidi yaitu: yang pertama, partisipasi perempuan di Desa Waimbidi agar terus meningkatkan kesadaran dan motivasi bagi diri mereka bersama suami atau laki-laki. Yang kedua, bagi pemerintah penyuluh pertanian agar memberikan sosialisasi kepada masyarakat tani, sebagai kelas belajar, wadah kerja sama, dan unit produksi dapat tercapai dengan baik. Yang ke tiga, kepada pemerintah desa sebaiknya memperhatikan keluarga yang ekonominya sangat minim agar di berikan bantuan baik itu program keluarga harapan, bantuan langsung tunai, rumah layak huni atau bantuan lainnya.


Detail Information

Item Type
Penulis
Agustina Kaita Lepir - Personal Name
Student ID
1603030017
Dosen Pembimbing
BALKIS SORAYA TANOF - 196801301994032001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Ketua Penguji
Susana C. L Pellu - 197110222005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Lep B
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA