Komunikasi Bencana Di Lembata (Studi Kasus Peran Bpbd Dalam Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Api Ile Lewatolok Desa Bungamuda)

Detail Cantuman

Skripsi

Komunikasi Bencana Di Lembata (Studi Kasus Peran Bpbd Dalam Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Api Ile Lewatolok Desa Bungamuda)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran BPBD dalam Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Api Ile Lewatolok Desa Bungamuda dengan menggunakan perspektif komunikasi bencana. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi realitas sosial. Metode penelitian menggunakan paradigma konstruktivistik dengan jenis penelitian kualitatif. Penentuan subjek penelitian dipilih secara sengaja meliputi informan ahli, informan kunci dan informan pendukung. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian yaitu Costumer Focus dalam penanggulangan bencana Erupsi Gunung Api Ile Lewatolok Desa Bungamuda telah dilakukan oleh BPBD dengan cepat merespon kebutuhan para korban erupsi baik di awal erupsi sampai memulangkan ke desa masing-masing walaupun masih belum melakukan sosialisasi secara khusus di Desa Bungamuda. Leadership commitment dilakukan BPBD dengan membentuk tim secara cepat tanggap dengan membangun koordinasi dengan pihak TNI/POLRI, LSM, Relawan, lembaga agama, Aparat Desa dan warga korban erupsi. Situational awareness telah berjalan dengan membangun komunikasi dan sosialisasi risiko bencana kepada masyarakat pasca bencana, membuka pasokan bantuan seluas-luasnya, walaupun komunikasi pra bencana dari BPBD guna mendeteksi risiko secara dini tidak dilakukan. Media partnership dilakukan dengan membangun kerjasama baik media lokal online maupun cetak hingga media nasional pun turut memberikan informasi kepada khalayak public
Kata Kunci : Komunikasi bencana, BPBD, Erupsi, Ile Lewotolok


Detail Information

Item Type
Penulis
Juwita Omiani Nupu - Personal Name
Student ID
1803050135
Dosen Pembimbing
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Ketua Penguji
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA