Penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronikakelas X Teknik Audio Video Di SMK Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronikakelas X Teknik Audio Video Di SMK Negeri 2 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar siswa sebelum menerapkan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X TAV SMK Negeri 2 Kupang (2) respon belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X TAV SMK Negeri 2 Kupang dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explaining (3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika setelah mengikuti pemebelajaran dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) partisipan dengan model desain Kemmis dan Taggrat. Subjek penelitian dilakukan pada kelas X TAV SMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2020/2021. Pada penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan mendapatkan perlakuan yang sama pada tiap siklus. Adapun aspek yang diamati dalam penelitian ini yaitu (a) disiplin; (b) jujur; (c) tanggung jawab; (d) teliti; (e) kerja sama. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaininng pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika materi besaran listrik di kelas X TAV SMK Negeri 2 Kupang. Pada tes siklus I terdapat 12 orang siswa (48%) yang memperoleh skor 85 ke atas dengan nilai rata-rata 73. Kemudian mengalami peningkatan lagi setelah dilakukan tes siklus II terdapat 23 orang siswa (92%) yang memperoleh skor 85 ke atas dengan persentase nilai rata-rata 86,32. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaininng dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TAV SMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2020/2021.

Kata kunci : Student Facilitator And Explaininng, Respon Belajar, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas.


Detail Information

Item Type
Penulis
Krisnawati Da Costa - Personal Name
Student ID
1601130056
Dosen Pembimbing
I MADE PARSA - 196106181988031003 - Dosen Pembimbing 1
Crispinus Palulus Tamal - 8880990019 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Zet Yulius Baitanu - 197703232005011001 - Ketua Penguji
I Made Parsa - 196106181988031003 - Penguji 1
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Cos P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA