Hubungan Manajemen Waktu Belajar Di Kos Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Manajemen Waktu Belajar Di Kos Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana

XML

Prestasi belajar adalah usaha maksimal yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar. Bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang akan diberikan nilai yang penilaiannya dapat berupa angka atau skor. Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan mahasiswa selama proses pembelajaran. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar adalah manajemen waktu belajar. Manajemen waktu belajar diperlukan oleh mahasiswa dalam melakukan suatu perencanaan, penjadwalan dan melaksanakannya. Mengelola waktu dalam proses belajar dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara manajemen waktu belajar di kos dengan prestasi belajar. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana semester IV, VI, dan VIII yang berjumlah 69 subyek dengan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk variabel manajemen waktu belajar dan dokumentasi untuk variabel prestasi belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi dengan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,715 ; Sig 0,000 = (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikansi antara manajemen waktu belajar di kos dengan prestasi belajar pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Undana.

Kata kunci : Manajemen waktu belajar di kos, Prestasi belajar mahasiswa


Detail Information

Item Type
Penulis
Yudith A.S.Lanan - Personal Name
Student ID
1701160055
Dosen Pembimbing
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Dosen Pembimbing 1
KHETYE ROMELYA SABA - 197901092008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Ketua Penguji
Khetye Romelya Saba - 197901092008122002 - Penguji 1
Katharina E P Korohama - 199106232019032025 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Lan H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA