PERAN SATUAN LALU LINTAS KEPOLISIAN RESOR KUPANG KOTA DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP SOPIR ANGKUTAN UMUM YANG TIDAK MEMILIKI SURAT IJIN M ENGEMUDI (SIM) DI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN SATUAN LALU LINTAS KEPOLISIAN RESOR KUPANG KOTA DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP SOPIR ANGKUTAN UMUM YANG TIDAK MEMILIKI SURAT IJIN M ENGEMUDI (SIM) DI KOTA KUPANG

XML

ABSTRAK


Elven Hadi. Peran Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kupang Kota Dalam Penegakan Hukum Terhadap Sopir Angkutan Umum Yang Tidak Memiliki Surat Ijin Mengemudi (Sim) Di Kota Kupang. Dibimbing oleh Heryanto Amalo SH.,MH sebagai pembimbing I dan Rosalind A. Fanggi SH.,MH sebagai pembimbing II.
Peran satuan lalu lintas Kepolisian Resor Kupang Kota dalam penegakan hukum terhadap sopir angkutan umum yang tidak memiliki surat ijin mengemudi (SIM) yang diteliti oleh penulis. Bentuk pelanggaran yang ditemukan peneliti adalah masih ada banyak sopir angkutan di Kota Kupang yang tidak memiliki Surat ijin mengemudi (SIM).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kupang Kota, hambatan yang di alami Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kupang Kota, dan upaya penanggulangan yang di lakukan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kupang Kota. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara dan studi dokumentasi.Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis kemudian disajikan atau dipaparkan secara deskriptif kualitatif.Dari hasil penelitian, peran satuan Lalu Lintas Resor Kupang kota dalam penegakan hukum terhadap sopir angkutan umum yangtidak memiliki SIM adalah melakukan penindakan terhadap sopir angkutan umum yang tidak memiliki SIM secara berkala. Hambatan-hambatan satuan Lalu Lintas Resor Kupang kota dalam penegakan hukum terhadap sopir angkutan umum yang tidak memiliki SIM adalah kurangnya kesadaran dan pengetahuan sopir angkutan umum dalam berlalu lintas. Upaya penggulangan yang di lakukan satuan Lalu Lintas Resor Kupang kota dalam penegakan hukum terhadap sopir angkutan umum yang tidak memiliki SIM adalah dengan upaya pre-emtif, upaya preventif, dan upaya Represif.
Dari hasil penelitian terdapat beberapa saran yakni, disarankan kepada Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kupang Kota untuk meningkatkan informasi guna mempermuda Kepolisian Lalu Lintas Kupang Kota dalam menegakan aturan hukum mengenai Lalu Lintas. Meningkatkan kedisiplinan bagi anggota Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kupang Kota dan sopir angkutan umum Kota Kupang untuk menaati aturan hukum tentang Lalu Lintas, dan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kupang Kota juga harus memberikan sosialisai bagi sopir angkutan umum Kota Kupang untuk menaati atruan lalu lintas dan bagaimana berlalulintas yang baik dan benar.
Kata Kunci : Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Lalu Lintas (SIM)


Detail Information

Item Type
Penulis
Elven Hadi - Personal Name
Student ID
1702010456
Dosen Pembimbing
Rosalind A, Fanggi, S.H.,M.H - 19811212200501 2 002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Ketua Penguji
Rosalind Angel Fanggi - 198112122005012002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
74201 HAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA