Penggunaan Deiksis dalam Cerpen “Sekeping Catatan Luka” Karya Niko Lamatokan

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Deiksis dalam Cerpen “Sekeping Catatan Luka” Karya Niko Lamatokan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan deiksis yang terdapat dalam cerpen Sekeping Catatan Luka Karya Niko Lamatokan, khususnya deiksis persona, deiksis ruang (tempat), dan deiksis waktu. Penelitian ini didasarkan pada deiksis yang merupakan salah satu unsur penting dalam melengkapi sebuah cerita pada cerpen, contohnya seperti orang, tempat, dan juga waktu. Selain itu, agar dapat mendeskripsikan secara jelas deiksis yang berpindah-pindah tempat, dan juga sebagai penunjuk dalam sebuah wacana tulis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu berupa mendeskripsikan hasil analisis data dalam cerita dengan perumusan kata-kata sendiri, dan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, yang dilandasi dengan teori wacana struktural Schiffrin.
Hasil dari penelitian ini, ditemukan terdapat beberapa bentuk deiksis persona, deiksis ruang (tempat), dan juga deiksis waktu, yang sangat didominankan oleh deiksis persona, dengan jumlah data secara keseluruahan yaitu 268 data. Fungsi penggunaan deiksis persona tersebut yaitu untuk merujuk pada orang yang berbicara (penutur), orang yang diajak bicara (mitra tutur), dan juga orang yang sedang dibicarakan dalam pertuturan. Fungsi penggunaan deiksis tempat yaitu merujuk pada tempat atau sesuatu yang dekat penutur atau yang dekat dengan mitra tutur, yang jauh dari penutur atau dekat dengan mitra tutur, dan juga jauh dari penutur dan mitra tutur. Selanjutnya penggunaan deiksis waktu yaitu merujuk pada waktu lampau, waktu saat tuturan , dan waktu sesudah tuturan.

Kata Kunci: Deiksis, Wacana, Cerpen Sekeping Catatan Luka.


Detail Information

Item Type
Penulis
Edeltrudis Sao - Personal Name
Student ID
1801010148
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Semuel H Nitabani - 19610502 198903 1 002 - Ketua Penguji
Alex Djawa - 196108051993031001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Sao P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA