Strategi Pembelajaran Inquiry Dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDI Lasiana

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pembelajaran Inquiry Dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDI Lasiana

XML

Skripsi ini oleh Anjelika Benu tahun 2021 dengan judul Strategi Pembelajaran Inquiry dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras danTanggung Jawab SiswaKelas V SD Inpres Lasiana Kota Kupang. Rumusan masalah yaitu Bagaimana Tahapan Pembiasaan Strategi Pembelajaran Inquiry dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDI Lasiana dan Bagaimana Bentuk Pola Pembiasaaan Karakter Kerja Keras dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDI Lasiana. Tujuannya untuk mengetahui tahapan strategi pembelajaran inquiry dan mengertahui bentuk pola pembiasaan dalam menanamkan karakter kerja keras dan tanggung jawab siswa kelas V SDI Lasiana.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yang berlokasi di SDI Lasiana Kota Kupang. Adapun subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Wali kelas V sebagai informan dan sumber data dari kelompok belajar siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisiss data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tringulasi teknik dan tringulasi sumber.
Hasil penelitian ini dianalisis dari hasil wawancara dan observasi kelompok belajar kelas V SD, diketahui bahwa dari enam orang guru wali kelas V, hanya ada tiga orang guru wali kelas V yang sudah menerapkan strategi pembelajaran inquiry dalam menanamkan karakter kerja keras dan tanggung jawab pada siswa dengan tahapan guru memberikan sedikit clue terhadap materi yang akan dipelajari, guru memberikan contoh dari pengalaman keseharian siswa yang akan membuat siswa memberikan pendapatnya, setelah itu siswa diberikan kesempatan untuk mencari tahu sendiri, siswa diberikan kesempatan menyampaikan pendapatnya dan guru bersama siswa sama-sama menyimpulkan dan merefleksikan hasil kesimpulan, ada pula bentuk pola pembiasaan yang diterapkan guru seperti siswa dibiasakan menyapa orang lain saaat bertemu, siswa dibiasakan mengerjakan tugas dengan mandiri dan juga kelompok, mengumpulkan tugas tepat waktu dan juga kehadiran pada saat pembelajaran di mulai tepat waktu. Manfaat yang di dapat dari tahapan dan bentuk pola pembiasaan penanaman karakter kerja keras dan tanggung jawab siswa dalam strategi pembelajaran inquiry adalah siswa memiliki pola pembiasaan hidup yang suka berkerja keras dan juga bertanggung jawab.

Kata Kunci : Strategi pembelajaran inquiry, pola pembiasaan, karakter kerja keras dan tanggung jawab


Detail Information

Item Type
Penulis
ANJELIKA BENU - Personal Name
Student ID
1601140251
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ben S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA