Skripsi
Strategi Pembelajaran Inquiry Dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDI Lasiana
XMLSkripsi ini oleh Anjelika Benu tahun 2021 dengan judul Strategi Pembelajaran Inquiry dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras danTanggung Jawab SiswaKelas V SD Inpres Lasiana Kota Kupang. Rumusan masalah yaitu Bagaimana Tahapan Pembiasaan Strategi Pembelajaran Inquiry dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDI Lasiana dan Bagaimana Bentuk Pola Pembiasaaan Karakter Kerja Keras dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDI Lasiana. Tujuannya untuk mengetahui tahapan strategi pembelajaran inquiry dan mengertahui bentuk pola pembiasaan dalam menanamkan karakter kerja keras dan tanggung jawab siswa kelas V SDI Lasiana.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yang berlokasi di SDI Lasiana Kota Kupang. Adapun subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Wali kelas V sebagai informan dan sumber data dari kelompok belajar siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisiss data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tringulasi teknik dan tringulasi sumber.
Hasil penelitian ini dianalisis dari hasil wawancara dan observasi kelompok belajar kelas V SD, diketahui bahwa dari enam orang guru wali kelas V, hanya ada tiga orang guru wali kelas V yang sudah menerapkan strategi pembelajaran inquiry dalam menanamkan karakter kerja keras dan tanggung jawab pada siswa dengan tahapan guru memberikan sedikit clue terhadap materi yang akan dipelajari, guru memberikan contoh dari pengalaman keseharian siswa yang akan membuat siswa memberikan pendapatnya, setelah itu siswa diberikan kesempatan untuk mencari tahu sendiri, siswa diberikan kesempatan menyampaikan pendapatnya dan guru bersama siswa sama-sama menyimpulkan dan merefleksikan hasil kesimpulan, ada pula bentuk pola pembiasaan yang diterapkan guru seperti siswa dibiasakan menyapa orang lain saaat bertemu, siswa dibiasakan mengerjakan tugas dengan mandiri dan juga kelompok, mengumpulkan tugas tepat waktu dan juga kehadiran pada saat pembelajaran di mulai tepat waktu. Manfaat yang di dapat dari tahapan dan bentuk pola pembiasaan penanaman karakter kerja keras dan tanggung jawab siswa dalam strategi pembelajaran inquiry adalah siswa memiliki pola pembiasaan hidup yang suka berkerja keras dan juga bertanggung jawab.
Kata Kunci : Strategi pembelajaran inquiry, pola pembiasaan, karakter kerja keras dan tanggung jawab
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ANJELIKA BENU - Personal Name
|
Student ID |
1601140251
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ben S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |