Persepsi Dan Sikap Masyarakat Tentang Pengobatan Etnomedicine (Studi Kasus Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai)

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Dan Sikap Masyarakat Tentang Pengobatan Etnomedicine (Studi Kasus Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai)

XML

Tujuan penelitian untuk Mengetahui dan Menganalisis Persepsi dan Sikap Masyarakat Tentang Pengobatan Etnomedicine Khususnya di Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Teori yang digunakan ialah Teori Persepsi, Teori Sikap dan Teori Aksi. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini: Pertama Persepsi masyarakat tentang pengobatan etnomedicine yaitu pengobatan masyarakat di Kelurahan Waso sangat dipengaruhi oleh pengalaman serta pengetahuan dalam menyembuhkan penyakit. Kedua Sikap masyarakat tentang pengobatan etnomedicine yaitu mendapatkan beragam tanggapan atas sikap dari masyarakat tentang pengobatan etnomedicine ini. Kesimpulan hasil penelitian ini: Pertama Persepsi masyarakat tentang pengobatan etnomedicine yaitu dapat ditemukan secara persepsi dari masyarakat banyak yang menganggap jikalau pengobatan tradisional atau pengobatan etnomedicine lebih baik dan berkhasiat dibandingkan pengobatan modern, persepsi dari masyarakat tersebut atas dasar pengalaman dari masyarakat Kelurahan Waso yang sejak zaman dahulu memakai pengobatan etnomedicine sebagai pengobatan utama dalam mengobati sakit maupun penyakit yang diderita, dan tentunya pengobatan etnomedicine tersebut telah terbukti khasiatnya. Kedua Sikap masyarakat tentang pengobatan etnomedicine yaitu banyak dari masyarakat Kelurahan Waso menyikapi pengobatan etomedicine sebagai sebuah alternatif utama dalam proses penyembuhan sakit maupun penyakit yang diderita, terutama penyakit kiriman yang tidak bisa diobati melalui pengobatan Medis. Proses penyembuhan penyakit masyarakat di Kelurahan Waso juga dipengaruhi oleh faktor budaya: dimana masyarakat Kelurahan Waso sudah sejak dulu sampai dengan sekarang menggunakan pengobatan tradisional dalam hal penyembuhan sakit dan penyakit sehingga menjadi suatu kebiasaan yang dilakoni dalam suatu masyarakat terutama pada masyarakat di Kelurahan Waso. Kedua faktor biaya: yang dimana secara biaya pengobatan tradisional sangaltah murah, bahkan hampir tidak ada biayanya, dan hal lainnya pun juga dipengaruhi oleh mudahnya untuk mendapatkan bahan-bahan pengobatan sebagai ramuan dalam mengobati berbagai penyakit.


Detail Information

Item Type
Penulis
Marselius Billian Tatus - Personal Name
Student ID
1503030127
Dosen Pembimbing
Yosep E.Jelahut - 196412241992031003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Yosep E.Jelahut - 196412241992031003 - Ketua Penguji
Susana C.L. Pellu - 197110222005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Tat P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA