Penggunaan Model Inquiry Dalam Pembelajaran Tentang Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta Didik Kelas IV SDI Babuin Kecamatan Kolbano Kabupaten TTS

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Inquiry Dalam Pembelajaran Tentang Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta Didik Kelas IV SDI Babuin Kecamatan Kolbano Kabupaten TTS

XML

Skripsi oleh Rosalina Benu. PGSD 2022, Nomor Induk Mahasiswa 1701140141 dengan judul “Penggunaan model inquiry dalam pembelajaran tentang tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IV SDI Babuin Kecamatan Kolbano Kabupaten TTS” dengan Rumusan masalahnya: bagaimanakah penggunaan model inquiry dalam pembelajaran tentang tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IV SDI Babuin Kecamatan Kolbano Kabupaten TTS ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model inquiry dalam pembelajaran tentang tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IV SDI Babuin Kecamatan Kolbano Kabupaten TTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan pelaksanaan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi penelitian di SDI. Babuin. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 20 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Babuin dengan hasil penelitian bahwa siklus I dari 20 orang subjek yang tuntas 9 orang (45%) karena memusatkan perhatian, aktif dalam kelompok, mengerjakan soal dengan teliti, tertib saat pembelajaran berlangsung dan menjawab pertanyaan dengan tepat dan benar, dan yang tidak tuntas berjumlah 11 orang (55%) karena guru belum mampu mengkondisikan kelas dengan baik dan belum menguasai model pembelajaran serta peserta didik belum terbiasa dengan model yang digunakan dan kurang teliti dalam mengerjakan soal tes belum benar dengan presentasi sebesar 77,7 sedangkan pada siklus 2 presentase meningkat menjadi 86,70 dari 20 siswa dapat dikatan tuntas karena guru dan siswa sudah menguasai model pembelajaran dengan baik dan benar pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II yaitu 9 Sedangkan pada persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 70% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 30%. Pada nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,35 menjadi 81,36 pada siklus II, dengan peningkatan sebesar 23,01 Pada nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 65,63 menjadi 89,58 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 23,95.
Berdasarkan hasis penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inquiry dalam pembelajaran tentang tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IV SDI Babuin Kecamatan Kolbano Kabupaten TTS.

Kata Kunci: Model pembelajaran inquiri tentang keragaman suku bangsa dan agama di Negriku dan hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Rosalina Benu - Personal Name
Student ID
1701140141
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA