Skripsi
Analisis Muatan Soal Literasi Matematika Dalam Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama
XMLABSTRAK
Analisis Muatan Soal Literasi Matematika dalam Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama
Maria Stella Yosefina Galus (1701030016), Pembimbing I, Dr. Ch. K. Ekowati, M.Si.; Pembimbing II, Dr. Damianus D. Samo, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan soal literasi matematika dalam buku teks matematika kurikulum 2013 tingkat Sekolah Menengah Pertama yang dideskripsikan berdasarkan perbedaan jenjang pendidikan dan berdasarkan persamaan konten dan jenjang pendidikan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan sumber data penelitian yang digunakan adalah buku teks matematika kurikulum 2013 tingkat Sekolah Menengah Pertama edisi revisi terbaru dari 3 penerbit yakni penerbit Kemdikbud, Erlangga dan Tiga Serangkai (Platinum). Adapun analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode analisis konten (content analysis) dengan menggunakan aspek penilaian PISA sebagai instrumen untuk mengklasifikasi soal-soal yang terdapat dalam buku teks yang digunakan sebagai sumber data penelitiaan.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat 8.154 butir soal yang dianalisisis dengan rincian 6.719 (82,40%) butir soal non literasi matematika dan 1.435 (17,60%) butir soal literasi matematika yang tersebar dalam tiap jenjang pendidikan yakni sebanyak 681 butir soal pada buku teks matematika kelas VII, 503 butir soal pada buku teks matematika kelas VIII dan 251 butir soal pada buku teks matematika kelas IX. Soal literasi matematika banyak terdapat pada materi bilangan, perbandingan dan aritmatika sosial. Secara keseluruhan soal-soal non literasi pada buku teks matematika kurikulum 2013 disajikan tanpa memuat konteks. Soal-soal dalam buku teks matematika kurikulum 2013 tingkat Sekolah Menengah Pertama didominasi soal non literasi matematika dikarenakan secara umum soal-soal dalam buku teks matematika disajikan dengan tujuan membantu siswa dalam memahami konsep, sehingga proporsi soal non literasi matematika lebih besar dibandingkan soal literasi matematika. Meskipun demikian dalam buku teks matematika juga perlu disajikan soal literasi matematika dalam setiap konten mengingat sangat pentingnya literasi matematika dalam kehidupan. Oleh karena itu soal literasi matematika perlu ditambahkan pada setiap konten jumlah soal literasi matematikanya sangat kurang.
Kata Kunci : Buku teks,literasi matematika
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Maria Stella Yosefina Galus - Personal Name
|
Student ID |
1701030016
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 2
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
FKIP-Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 GAL A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |