Etos Kerja Etnis Bugis Di Perantauan (Pada Masyarakat Etnis Bugis RT 024/RW 009, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Etos Kerja Etnis Bugis Di Perantauan (Pada Masyarakat Etnis Bugis RT 024/RW 009, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

XML

Penelitian ini berjudul Etos Kerja Etnis Bugis di Perantauan ( Pada masyarakat Etnis Bugis RT 024/RW 009, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang). Dapat dilihat dari rumusan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etos kerja etnis Bugis di perantauan. Penelitian ini menggunakan teori 8 Etos Kerja Profesional Jansen H. Sinamo, Jansen H. Sinamo mencoba mengungkapkan etos kerja Bangsa Indonesia dengan ciri-ciri sebagai berikut : Kerja sebagai rahmat, Kerja adalah amanah, Kerja adalah panggilan, Kerja adalah aktualisasi, Kerja adalah Ibadah. Etos kerja merupakan elemen paling penting dalam komponen sukses yang mampu melatarbelakangi keberhasilan dalam bekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalah, observasi, wawancara mendalam, serta studi pustaka.subjek dalam penelitian ini adalah orang yang dapat menjadi informan berjumlah 7 (Tujuh) orang, informan ditetapkan atas dasar kriteria atau pertimbangan tertentu diantaranya ketua KKSS, Pedagang etnis Bugis,dan ASN. Hasil penelitian etos kerja pada kedua subjek ditunjukan dengan adanya pandangan kerja sebagai kewajiban moral, dan disiplin yang tinggi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kerja merupakan kewajiban moral, kedua subjek memandang kerja merupakan hal yang penting bagi kehidupan, kerja diperuntukkan bagi keluarga dan untuk diri sendiri, mereka juga menganggap kerja sebagai anugerah dari Tuhan. Disiplin ditunjukkan dengan kesadaran akan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan. Keterkaitan kedua indikator ini menggambarkan etos kerja pada masyarakat Bugis di perantauan RT 005/RW 009, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa etnis Bugis yang merantau di RT 024/RW 009 Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang menunjukan bahwa etos kerja merupakan suatu kewajiban moral dan memandang kerja sebagai sesuatu yang penting dan menanamkan nilai budaya dan nilai keagamaan terhadap pekerjaan itu sendiri sebagai bentuk penghargaan terhadap kerja serta agar konsisten dalam bekerja, kerja di peruntukkan bagi keluarga dan berguna untuk kepentingan yang mendasar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, etnis Bugis juga memandang kerja sebagai suatu anugerah dari Tuhan. Saran dalam memperkuat dan meningkatkan etos kerja orang bugis di perantauan dengan mengembangkan kondisi ekonomi yang baik, masyarakat bugis yang ada di perantuan selayaknya juga harus berpartisipasi dalam memajukan daerah tempat mereka merantau berupa peningkatan ekonomi terhadap daerah perantauan yang mereka tempati.


Detail Information

Item Type
Penulis
IMAM BUDI UTAMA - Personal Name
Student ID
1603030039
Dosen Pembimbing
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 1
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Ketua Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Penguji 1
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
SOSIOLOGI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA