Skripsi
Peran Peringkat Akreditasi Satuan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Meningkatkan Minat Warga Belajar di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Bello Kecamatan Maulafa Kota Kupang
XMLSkripsi ini berjudul “Peran Peringkat Akreditasi Dalam Meningkatkan Minat Warga Belajar di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Bello Kecamatan Maulafa Kota Kupang”. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah; Bagaimana peran peringkat akreditasi satuan PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Bello? Bagaimana upaya-upaya dari hasil akreditasi guna meningkatkan minat warga belajar? Apa faktor-faktor penghambat dan pendorong peringkat akreditasi dalam meningkatkan minat warga belajar. Tujuan meliputi (1) Untuk mengetahui peran peringkat akreditasi satuan PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Bello, (2) Untuk mengetahui upaya-upaya dari hasil akreditasi guna meningkatkan minat warga belajar (3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendorong akreditasi dalam meningkatkan minat warga belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian Pengelola PKBM, Tutor dan Warga Belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan: Peran peringkat akreditasi untuk satuan PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Bello, sangat menentukan tingkat minat warga belajar yang mengikuti setiap program pendidikan yang diselenggarakan. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat keberadaan PKBM sebelum terakreditasi B, minat warga belajar masi rendah karena dengan keterbatasan yang ada pada setiap standar satuan PKBM. Setelah PKBM terakreditasi B, minat warga belajar kini meningkat atau lebih baik karena adanya upaya dari lembaga dengan usah perbaikan dari setiap standar yang ada seperti setiap program yang ada kini berjalan dengan baik dan menjawab kebutuhan dan minat bakat warga belajar dengan adanya fasilitas yang memadai, yang dapat digambarkan melalui: a) Keinginan, b) Perasaan senang, c) Perhatian, d) Perasaan Tertarik dan e) Motif. Faktor pendorong dan penghambat untuk meningkatkan minat warga belajar dilihat dari: a) faktor Internal seperti: Semangat dari pengelola dan tutor, kedisiplinan berpaikian, waktu dan jadwal belajar dan program pembelajaran, biaya pendidikan serta sarana dan prasarana, b) Faktor eksternal seperti: tuntutan pekerjaan dan faktor lingkungan sosial. Kata Kunci :Peran Peringkat Akreditasi, Minat Warga Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Tobias Tome Kuman - Personal Name
|
Student ID |
1601170035
|
Dosen Pembimbing |
GALLEX SIMBOLON - 198910042018031001 - Dosen Pembimbing 1
NIRWANING MAKLEAT - 198511032018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Mientje Ratoe Oedjoe - 195107011987032001 - Ketua Penguji
Gallex Simbolon - 198910042018031001 - Penguji 1 Nirwaning Makleat - 198511032018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Luar Sekolah, FKIP
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.05 Kum P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |