Interaksi Masyarakat Antar Warga Keturunan Timor-Timur Dengan Masyarakat Lokal (Studi Kasus Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Interaksi Masyarakat Antar Warga Keturunan Timor-Timur Dengan Masyarakat Lokal (Studi Kasus Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang)

XML

Dalam hal menentukan informan sesuai keciriannya menggunakan metode purposive sampling dan hasil wawancara selanjutnya dianalisis merujuk pada pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proses asosisatif dan disosiatif. Adapun data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel penelitian teknik purposive sampling yaitu 8 (Delapan) informan adalah masyarakat local dan masyarakat pendatang. Proses pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membahas tentang Munculnya pengungsi sampai mereka menetap disuatu negara dan diakui oleh negara sebagai pendatang disebabkan oleh memburuknya kondisi politik, ekonomi, sosial dan memaksa penduduknya untuk pergi dan lebih aman di negara lain dengan alasan mencari perlindungan dan ingin menyelamatkan diri. dari bencana yang akan datang mengancam. Dampak perpindahan yang terjadi berupa dampak sosial dan ekonomi. Dampak sosial ini muncul karena pengungsi harus beradaptasi dengan masyarakat setempat, sehingga harus beradaptasi dengan berbagai nilai dan norma yang mereka miliki. Konsekuensi ekonomi bagi para pengungsi adalah hilangnya mata pencaharian di tanah air mereka, Timor Leste.Ini adalah mata pencaharian terpenting bagi para warga keturunan. Dengan adaptasi ini terjadi proses sosial yang membutuhkan kontak dan komunikasi sosial. Karena kontak dan komunikasi sosial sangat penting bagi terjadinya proses sosial. Saran Sebagai masyarakat seharusnya menanamkan rasa toleransi dan sikap saling menghargai setiap warga dan juga tidak boleh adanya individualisme harus belajar hidup berkelompok dengan sesama masyarakat lain supaya bisa saling membantu dan saling menerima satu
sama lain dan Bagi warga lokal juga disarankan agar berupaya mencegah munculnya sikap-sikap yang arogan dari warganya. Khususnya oleh para anak-anak mudah, sehingga kondisi kerukunan yang selama ini di bangun oleh orang tua dapat terjaga dengan baik untuk masa-masa yang datang agar keharmonisan dan kerja sama yang selama ini dibangun tetap terjaga dengan baik.


Detail Information

Item Type
Penulis
ADERITO BAKHITA DA SILVA - Personal Name
Student ID
1603030030
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
Yosep E.Jelahut - 196412241992031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Yosep E. Jelahut - 196412241992031003 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
6692.01 Sil I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA