MELEMAHNYA KARAKTERISTIK SOSIAL MASYRAKAT DESA PONG MAJOK TERHADAP REALITAS MODERNITAS DALAM MEMPERTAHANKAN PERMAINAN TRADISIONAL RANGKU ALU DI KALANGAN ANAK-ANAK (Studi kasus Di Desa Pong Majok, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat)

Detail Cantuman

Skripsi

MELEMAHNYA KARAKTERISTIK SOSIAL MASYRAKAT DESA PONG MAJOK TERHADAP REALITAS MODERNITAS DALAM MEMPERTAHANKAN PERMAINAN TRADISIONAL RANGKU ALU DI KALANGAN ANAK-ANAK (Studi kasus Di Desa Pong Majok, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat)

XML

Judul dari penelitian ini adalah “Melemahnya Karakteristik Sosial Masyarakat Desa Pong Majok Terhadap Realitas Modernitas Dalam Mempertahankan
Permainan Tradisional Rangku Alu Di Kalangan Anak-Anak” (Studi Kasus Di Desa Pong Majok, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat). Rumusan dalam penelitian ini adalah mengapa karakteristik sosial masyarakat desa Pong Majok begitu lemah terhadap realitas modernitas sehingga permainan Rangku Alu menghilang dari lingkungan bermain dari anak-anak di desa Pong Majok, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa karakteristik sosial masyarakat desa Pong Majok lemah terhadap realitas moderintas sehingga permainan Rangku Alu menghilang dari lingkungan bermain anak-anak di desa Pong Majok. Untuk menganalisis masalah dalam penelitian ini, teori yang digunakan yaitu teori perubahan sosial dan modernisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber penelitian ini adalah data primer yang diambil langsung dari lapangan melalui wawancara dengan informan dari masyarakat di desa Pong Majok sedangkan data sekunder adalah data yang diambil dari lembaga-lembaga pemerintah yang ada kaitannya dengan penelitia ini. Penelitian ini dilakukan di desa Pong Majok, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat. Informan dalam penelitian ini ada 8 informan terdiri dari 4 (empat) orang Guru, 2 (dua) orang pegawai swasta, 1 (satu) orang Tokoh adat, 1 (satu) orang tokoh masyarakat. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah wawancara dengan informan yang dipilih, melakukan observasi dan juga dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan disajikan dalam bentuk narasi untuk mendeskripsikan hasil dari penelitian. Setelah analisis data selesai, dilakukan penarikan kesimpulan dengan cara memahami isi dari data penelitian yang sudah tersaji. Hasil penelitian menunjukan bahwa melemahnya karakter sosial masyarakat Desa Pong Majok menyebabkan menghilangnya permainan Rangku Alu di kalangan anak-anak di Desa Pong Majok, dan hal tersebut diakibatkan oleh masyarakat Desa Pong Majok yang secara pertahanan
sosialnya sangat lemah terhadap realitas modernitas yang berlangsung pada saat ini. Akibat dari melemahnya karakter sosial dari masyarakat Desa Pong Majok tersebut berdampak pada menghilangnya permainan Rangku Alu dari dunia bermain anak-anak. Melemahnya karakter sosial dari masyarakat terhadap realitas modernitas telah merambah kesegala lembaga sosial masyarakat, seperti lembaga keluarga, lembaga pendidikan, maupun juga lembaga adat. Akibat meleamahnya terhadap realitas modernitas dari ketiga lembaga sosial tersebut, telah berdampak terhadap menghilangnya permainan tradisional Rangku Alu di kalangan anak-anak Desa Pong Majok. Faktor lain penyebab menghilangnya permainan Rangku Alux juga datang dari masuknya teknologi, adanya suatu penemuan baru di masyarakat Desa Pong Majok, dan juga lemahnya literasi budaya dari masyarakat Pong Majok itu sendiri. Dari hasil temuan penelitan diatas semuanya mengarah kepada relaitas modernitas yang berlangsung pada saat ini.


Detail Information

Item Type
Penulis
EMERICHO C. MANASE - Personal Name
Student ID
1703030109
Dosen Pembimbing
HERMAN YOSEP UTANG - 196602212006041001 - Dosen Pembimbing 1
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 1
Yosep E. Jelahut - 196412241992031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Man M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA