Eksploitasi Buruh (Studi Kasus pada PT. Subasuka Factory Outlet di Jln Cak Doko, Kelurahan Oetete, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Eksploitasi Buruh (Studi Kasus pada PT. Subasuka Factory Outlet di Jln Cak Doko, Kelurahan Oetete, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang)

XML

Pertumbuhan sistem ekonomi kapitalis telah mengambil berbagai bidang. Besar jumlah masyarakat yang membutuhkan pekerjaan namun tidak diimbagi oleh adanya lapangan pekerjaan yang mencukupi. Sehingga masyarakat terpaksa untuk bekerja secara bebas di perusahaan-perusahaan yang memakai sistem kapitalisme dengan dalih untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh para pemilik atau manager perusahaan untuk memeroleh keuntungan serta melakukan pemanfataan terhadap para pekerja perusahaan sehingga mengakibatkan para pekerja mengalami eksploitasi.Sekalipun sistem kerja di Indonesia sudah diatur oleh setiap regulasi, namun seringkali terjadi tindakan eksploitasi terhadap Buruh.Peneliti ingin mengetahui penerapan aturan dan bentuk eksploitasi yang dialami oleh para buruh/pekerja oleh PT. Subasuka Factory Outlet yang berlokasi di Jln. Cak Doko, Oetete Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan teori kelas sosial Karl Marx, terkait pertukaran yang tak seimbang dalam melihat permasalahan yang terjadi. Metode yang digunakan adalah penelitian deskiptif dengan pendekatan kualitatif untuk mempelajari sedalam-dalamnya permasalahan eksploitasi yang dialami oleh PT. Subasuka Factory Outlet. Subjek penelitiannya adalah para buruh/pekerja yang telah bekerja selama lebih dari setahun di PT. Subasuka tersebut. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa eksploitasi yang dilakukan oleh perusahaan kepada buruh PT. Subasuka adalah terkait dengan aturan dan sistem kerja yang dapat diamati dari waktu kerja yang melebihi batas normal, upah kerja yang tak sebanding tenaga kerja. Hal ini terus terjadi karena ketidakberdayaan buruh yang membutuhkan pekerjaan walaupun sadar bahwa perusahaan telah melakukan eksploitasi. Maka adanya pengawasan yang ketat dari pemerintah supaya adanya evaluasi bagi pelanggaran aturan yang dilakukan perusahaan, dan perlu adanya organisasi kelas buruh yang dijadikan sebagai alat perjuagan untuk terus menyuarakan hak-hak buruh, serta perlunya keterlibatan mahasiswa dan LSM agar dapat memberikan sosialisasi kepada kelas buruh terkait perlindungan buruh dalam serikat kerja. Maka solusi dari segala bentuk penghisapan dan eksploitasi yang dialami kelas buruh ialah perlu adanya pembagunan Industrialisasi ecara Nasional diatas Land Reform Sejati
Kata kunci: Eksploitasi, Buruh, PT. Subasuka


Detail Information

Item Type
Penulis
Ricardo B. Tunu - Personal Name
Student ID
1703030112
Dosen Pembimbing
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 1
Hotlif A. Nope - 19771124 200501 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Tun E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA