Skripsi
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Terhadap Pembelajaran Seni Musik SD Kelas V Di SD Muhammadiyah 2 Kupang
XMLPembelajaran seni musi di SD Muhmmadiyah 2 Kupang belum berjalan dengan lancar karena kurangnya minat siswa untuk mengikuti pembelajaran seni musik. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 2 Kupang. Dari hasil penelitian untuk mengetahui gambaran tingkat minat belajar dan faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa terhadap pembelajaran seni musik.Penelitian ini dilakukan di SD Muhmmadiyah 2 Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar pembelajaran seni musik dan 28 siswa yang ada di kelas V. Semua Subyek pada penelitian ini digunakan sebagai sampel yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, minat belajar siswa terhadap pembelajaran seni musik tergolong rendah. Faktor jasmaniah merupakan faktor yang tergolong sedang serta faktor psikologi, keluarga, sekolah, dan lingkungan merupakan faktor yang tinggi dalam memengaruhi minat belajar siswa terhadap seni musik. Hendaknya ada kerjasama antara guru yang mengajar seni musik, pihak sekolah, dan keluarga untuk menumbuhkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran seni musik.
Kata Kunci: Minat, Belajar, Seni Musik
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Musardi Bethan - Personal Name
|
Student ID |
1601140237
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Josephina Katarina Sogen - 197804222006042002 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1 Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Bet F
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |