Pengembangan Aplikasi Matrix Classroom Berbasis Android Pada Materi Matriks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Aplikasi Matrix Classroom Berbasis Android Pada Materi Matriks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang

XML

ABSTRAK
Pengembangan Aplikasi Matrix Classroom Berbasis Android Pada Materi Matriks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang

Marni Sandre M. Tamonob (1701030005), Pembimbing 1, Dra. Juliana M. H. Nenohai, M.Pd.; Pembimbing II, Dr. Damianus D. Samo
Teknologi di bidang pendidikan menuntut pembelajaran yang inovatif dan kreatif dengan memanfaatkan smartphone android untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan aplikasi Matrix Classroom berbasis android pada materi matriks untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang yang valid, praktis, dan efektif serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap aplikasi tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D) serta model yang digunakan pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan penilaian (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Matrix Classroom memenuhi kriteria kelayakan yang valid, praktis dan efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata total kevalidan oleh ahli materi adalah 4.21 dan ahli media adalah 4.3, dengan kategori “sangat valid”. Rata-rata total kepraktisan dari guru adalah 4.75 dan siswa adalah 4.56 dengan kategori “sangat praktis”. Persentase ketuntasan belajar menggunakan media pembelajaran diperoleh hasil 90.32% dengan kategori “sangat efektif”. Terjadi peningkatan minat dan ketuntasan hasil belajar siswa yang awalnya 67.74% meningkat menjadi 90.32% sehingga aplikasi Matrixs Classroom sangat layak digunakan.
Kata Kunci: Android, Aplikasi Matrix Classroom, Matriks.


Detail Information

Item Type
Penulis
Marni Sandre M. Tamonob - Personal Name
Student ID
1701030005
Dosen Pembimbing
Juliana M. H. Nenohai - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 TAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA