Analisis Harga Pokok Produksi Dengan Pendekatan Metode Full Costing Dan Variable Costing Dalam Penentuan Harga Jual (Studi Kasus Pada Toko Roti Manis Manggarai Maulafa Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Harga Pokok Produksi Dengan Pendekatan Metode Full Costing Dan Variable Costing Dalam Penentuan Harga Jual (Studi Kasus Pada Toko Roti Manis Manggarai Maulafa Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan 2) Untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing dalam penetapan harga jual 3) Untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi dengan metode variable costing dalam penetapan harga jual. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah Toko Roti Manis Manggarai yang berlokasi di Mulafa Kupang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi dan harga jual dengan metode full costing memperoleh hasil yang lebih tinggi dibandingkan metode variable costing yang disebabkan oleh perbedaan perlakuan biaya overhead pabrik. Metode full costing memasukkan semua elemen biaya overhead pabrik baik tetap maupun variabel ke dalam perhitungan harga pokok produksi, sementara pada metode variable costing hanya biaya yang bersifat variabel saja. Sehingga terjadi perbedaan dalam hasil perhitungan yang disebabkan oleh perbedaan perlakuan terhadap biaya overhead pabrik.
Kata kunci: harga pokok produksi, full costing, variable costing, harga jual


Detail Information

Item Type
Penulis
STELLA CLAUDIA SINA - Personal Name
Student ID
1810020136
Dosen Pembimbing
Minarni A.Dethan,SE,M.Akt - 19850715 2010012 2 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Anthon Simon Yohanis Kerihi - 196108081998021001 - Ketua Penguji
Minarni A. Dethan, SE., M.Akt - 19850715 201012 2 001 - Penguji 1
Yohana Febiani Angi, SE., MAKS - 19850202 200912 2 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Published
Departement
Akuntansi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
622.01 Sin A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA