Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Dengan Menggunakan Metode Speed Reading Untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf Oleh Siswa Kelas V SD Inpres Bonatama Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Dengan Menggunakan Metode Speed Reading Untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf Oleh Siswa Kelas V SD Inpres Bonatama Kabupaten Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat dengan menggunakan metode speed reading untuk menemukan ide pokok paragraph oleh siswa kelas V SD Inpres Bonatama Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini adalah adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan produser sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi dengan mengambil lokasi di SD Inpres Bonatama Kabupaten Kupang. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 24 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan adalah observasi dan tes. Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis dengan rumus dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini pada pra siklus terdapat skor 1.460 dengan nilai rata-rata 60,83. Pada siklus I observasi terhadap aktivitas guru jumlah skor yang diperoleh adalah 48 dengan nilai 75 dan mendapatkan kriteria baik (B). Sedangkan pada siklus II observasi terhadapat guru jumlah skor yang diperoleh adalah 61 dengan nilai 95 dan mendapatkan kriteria sangat baik (SB). Peningkatan aktivitas guru pada siklus I ke siklus II adalah 20. Pada observasi terhadap aktivitas siswa siklus I jumlah skor yang diperoleh adalah 1582,5 dengan nilai rata-rata 65,93. Sedangkan pada siklus II jumlah skor yang diperoleh adalah 1.980 dengan nilai 82,50. Sehingga peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II adalah 16,57. Hasil tes kemampuan membaca cepat pada siklus 1 adalah 140 kpm (kecepatan permenit) dan jumlah skor 1.610 dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 68 dengan presntase 50%, dimana 12 orang siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan dan 12 orang sudah mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Sedangkan pada siklus II adalah 200 kpm (jumlah katapermenit) dan jumlah skor 2.355 dengan nilai rata-tata yang dipeoleh yaitu 98 dengan presentase 100%, dimana 24 siswa yang sudah mencapai kriteria ketuntasan atau seluruh siswa tuntas dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75. Sedangkan tes pemahaman bacaan siswa pada siklus I skor yang diperoleh adalah 1.600 dengan nilai rata-rata 67 dengan presentase 50% dimana 12 orang belum mencapai kriteria dan 12 orang mencapai kriteria yang ditetapkan. Sedangkan untuk pada siklus II skor yang diperoleh adalah 2.100 dengan nilai rata- rata 88 dengan presentase 100% dimana seluruh siswa telah mencapai kritria ketuntasan. dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 80. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas V SD Inpres Bonatama Kabupaten Kupang meningkat.
Kata kunci: speed reading, kemampuan membaca.


Detail Information

Item Type
Penulis
JELINDA TAEMNANU - Personal Name
Student ID
1701140142
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tae P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA