Skripsi
Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode PQ4R Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD Inpres Kaniti
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode PQ4R sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman PQ4R Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres Kaniti.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berdasarkan hasil pengamatan di SD Inpres Kaniti, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar. Apabila guru melemparkan pertanyaan yang menyangkut tentang teks bacaan, terlihat hanya sebahagian kecil siswa yang mampu menjawab.
Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan,hanya sebagian kecil dari sejumlahbacaan, terlihat hanya sebagian kecil siswa yang mampu menjawab. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi teks bacaanhanya sebahagian kecil dari jumlah siswa yang mampu mendeskripsikannya di depan kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode PQ4R Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Inpres Kaniti? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus di lakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan tanpa hambatan yang menganggu kelancaran penelitian, peneliti tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu:1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasidan 4) Refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui Pemahaman siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum dilakukan tindakan rata-rata nilai siswa adalah 57,83. Pada siklus I Kemampuan Membaca Pemahaman siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 67,50. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan kategori baik dengan rata-rata persentase 88,74. Dengan demikian penggunaan metode PQ4R dapat meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Inpres Kaniti.
Kata Kunci: Metode PQ4R, Kemampuan Membaca Pemahaman.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA MAGDALENA TAFULI - Personal Name
|
Student ID |
1701140009
|
Dosen Pembimbing |
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1 Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Taf P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |