Skripsi
Penggunaan Waktu Luang Bagi Generasi Milenial Rt 014/ Rw 003 Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan waktu luang oleh generasi milenial serta dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan managemen waktu luang oleh generasi milenial dimana mereka menghabiskan waktu luang mereka seperti, mendengarkan musik serta karaoke, bermain game online, mengonsumsi minuman beralkohol serta membuka jejaring sosial. Berbagai persoalan ini kemudian berujung pada situasi dimana kualitas generasi penerus bangsa ini menurun serta menciptakan jarak interaksi sosial dengan masyarakat melalui perilaku yang ditimbulkan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku sosial dan teori perubahan sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan penelitian teknik purposive sampling yaitu 9 (Sembilan) yang terdiri dari 5 orang generasi milenial, 3 orang tokoh masyarakat serta 1 orang tokoh Pemerintah. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil langsung dari lapangan melalui wawancara dengan informan dari masyarakat RT 014. Sedangkan data sekunder adalah data yang diambil dari lembaga-lembaga pemerintah yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan waktu luang generasi milenial RT 014 dapat dilihat sebagai berikut: a (1).Penggunaan waktu luang pada generasi milenial masih tergolong sangat rendah dalam hal ini kesadaraan untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dimana kegiatan-kegiatan mereka bersifat hedonis yang juga menyebabkan ketidaknyamanan pada masyarakat RT 014 yang disebabkan oleh pola pikir serta adaptasi terhadap kebudayaan pada bidang teknologi yang sangat cepat berkembang dalam masyarakat . (2). Perilaku yang sering ditimbulkan bertentangan dengan harapan masyarakat hal tersebut sesuai dengan pengakuan warga setempat bahwa kehadiran mereka menciptakan suasana yang tidak sehat dan bahkan sangat meresahkan masyarakat RT 014. (3). Kesadaran sosial yang rendah yakni berdasarkan pengakuan ketua RT 014 bahwa ketika diadakannya kerja bakti ataupun kegiatan-kegiatan bersama sedikit sekali kaum milenial yang berpartisipasi sehingga masih ada jarak dalam interaksi sosial mereka. Dampak dari penggunaan waktu luang oleh generasi milenial menunjukan ketidak konsistenan pemanfaatan waktu luang oleh generasi milenial dalam memanfaatkan waktu luang mereka dengan baik yang nampak pada pola perilku mereka yakni adanya ketimpangan antara harapan masyarakat RT 014 serta kenyataan yang terjadi terhadap generasi milenial. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan waktu luang oleh generasi milenial lebih mengutamakan kepentingan pribadi yang mengarah kepada budaya hedonis dan menciptakan interaksi semu dengan masyarakat RT 014 yang nampak melalui tingkah laku yang meresahkan dan kesadaran sosial yang rendah. Oleh karena itu maka dapat disarankan kepada generasi milenial untuk bersikap cerdas dan selektif terhadap masuknya budaya baru yang dapat membawa perpecahan bagi masyarakat dan juga terutama bagi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai moral bagi anak-anak sejak dini sehingga terbentuknya karakter anak yang peduli terhadap sesama serta bagi pemerintah setempat untuk menjamin kenyamanan masyarakat dengan melibatkan generasi milenial sebagai penjamin keamanan selain TNI dan POLRI.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Alfridus Naif - Personal Name
|
Student ID |
1603030079
|
Dosen Pembimbing |
LENNY S. BIRE MANOE - 198909152005012003 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Hotlif A. Nope - 19771124 200501 1 002 - Ketua Penguji
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 1 Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
69201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Sosiologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
692.01 NAI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |