Persepsi Siswa Tentang Guru Bk Yang Ideal Di Sekolah (Studi Deskriptif Pada SMP Negeri 1 Insana dan SMP Negeri Katolik Sta. Maria Bitauni di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Siswa Tentang Guru Bk Yang Ideal Di Sekolah (Studi Deskriptif Pada SMP Negeri 1 Insana dan SMP Negeri Katolik Sta. Maria Bitauni di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap (1) peran guru bimbingan dan konseling, (2) tugas guru bimbingan dan konseling, (3) kompetensi guru bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa/siswi, 2 orang personil sekolah di SMP Negeri 1 Insana dan 6 orang siswa/siswi, 2 orang personil sekolah di SMP Negeri Katolik Sta. Maria Bitauni. Total informan dalam penelitian ini 16 informan. Data dan hasil dari penelitian yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang Guru BK Yang Ideal di SMP Negeri 1 Insana dan SMP Negeri Katolik Sta. Maria Bitauni. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa, persepsi siswa terhadap kedua sekolah tersebut memandang guru BK sebagai guru Mata Pelajaran Muatan Lokal dan Keterampilan, sementara itu layanan BK yang diberikan oleh guru BK hanya bersifat kausalitas. Dalam memberikan layanan BK, di kedua sekolah tersebut pun tidak menggunakan prinsip- prinsip layanan BK. Selain itu, persepsi siswa terhadap guru BK di sekolah adalah guru yang selalu mengontrol aktivitas siswa di luar kelas pada saat jam pelajaran berlangsung. Oleh karena itu, fungsi guru BK di kedua sekolah tersebut perlu dievaluasi agar kedepannya guru BK kembali ke tugas pokoknya.

Kata kunci: Persepsi Siswa, Guru BK, Studi Deskriptif.


Detail Information

Item Type
Penulis
Vinsensiana Leu - Personal Name
Student ID
1601160074
Dosen Pembimbing
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Ketua Penguji
Andriani Paulin Nalle - 198304142008122004 - Penguji 1
Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Leu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA