Strategi Pengembangan Usaha Cemilan Marning Jagung Di Kota Kupang (Studi Kasus: Rumah Produksi Tibers)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pengembangan Usaha Cemilan Marning Jagung Di Kota Kupang (Studi Kasus: Rumah Produksi Tibers)

XML

ABSTRAK
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA CEMILAN MARNING JAGUNG DI KOTA KUPANG (STUDI KASUS: RUMAH PRODUKSI TIBERS) Oleh : Mariana Djamituka, Tomycho Olviana *), Santhy Chamdra **) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha marning jagung, dan alternatif strategi pengembangan usaha marning jagung di Rumah Produksi Tibers. Lokasi penelitian dilakukan dengan metode studi kasus. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yakni dengan mendiskripsikan lingkungan internal dan eksternal. Selanjutnya merumuskan strategi pengembangan dengan menggunakan analisis SWOT (analisis IFAS-EFAS, matriks SWOT, dan kuardan SWOT). Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha marning jagung pada Rumah Produksi Tibers yaitu faktor internal terdiri dari kekuatan yaitu : produk yang berkualitas, harga yang murah, lokasi yang strategis, keterampilan dalam pengelola dan tenaga kerja yang memadai. Sedangkan kelemahan yaitu, belum pernah mengikuti pameran, strategi promosi yang masih sederhana, manejemen yang belum tertata rapi dan peralatan yang terbatas. Sementara faktor eksternal yang termasuk peluang yaitu: permintaan pasar, perkembangan teknologi, meningkatkan ekonomi keluarga, kerja sama dengan mitra, dan adanya dukungan pemerintah. Sedangkan ancaman yaitu, munculnya banyak pesaing baru, faktor cuaca, mahalnya harga bahan baku, dan adanya pandemi covid-19. Alternatif strategi pengembangan usaha marning jagung di lokasi penelitian pada usaha Rumah Produksi Tibers di Kota Kupang lebih difokuskan pada strategi turn around. Strategi turn around merupakan strategi dimana perusahaan mundur dari keputusan yang salah sebelumnya, dan mengubah posisi perusahaan dari kerugian menjadi profitabilitas. Strategi WO (WeaknessOpportunities) bertujuan untuk memperbaiki kelemahan internal dengan memanfaatkan peluang eksternal. Kata Kunci: Pengembangan, Strategi, Marning Jagung, SWOT *) Pembimbing I **) Pembimbing II


Detail Information

Item Type
Penulis
Mariana Djamituka - Personal Name
Student ID
1704020178
Dosen Pembimbing
TOMYCHO OLVIANA - 198210292008122002 - Dosen Pembimbing 1
SANTHY CHAMDRA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Tomycho Olviana - 198210292008122002 - Ketua Penguji
Santhy Chamdra, - 8831080018 - Penguji 1
I Wayan Nampa - 198303232012121002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Agribisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.43 Dja S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA