Tesis
Pengembangan Digitalisasi Arsip Untuk Peningkatan Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang
XMLTeknologi perkantoran modern telah mengembangkan iklim kerja baru yang dipengaruhi oleh pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) salah satunya adalah pengembangan system e-arsip pada Dinas Kependudukandan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang sehingga penampilan dan struktur dinas harus disesuaikan atau diselaraskan agar sejalan dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September tahun 2021 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten dengan informen berjumlah 27 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan Data sekunder sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan penelusuran dokumen selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data yang diajukan oleh Creswell (2016:264-268). Pengembangan digitalisasi arsip pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang untuk peningkatan pelayanan publik dianalisis menggunakan hasil kajian Harvard JFK School of Government (dalamIndrajit, 2006:13-15) dengan hasil temuan bahwa pada elemen (a) Support dengan temuan bahwa; kerangka pengembangan digitalisasi arsip pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang dimana Pemerintah Kabupaten Kupang masih menyusun rencana induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) agar sejalan dengan Visi ke (4) empat Pemerintah Kabupaten Kupang yaitu; Terwujud nyatata Kelola pemerintahan yang baik (Good Governance), (b) Capacity dengan temuan bahwa; (1) ketersediaan sumber daya dari sisi finansial belum cukup untuk melaksanakan berbagai inisiatif pengembangan digitalisasi arsip pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang, (2) infrastruktur teknologi informasi yang memadai dari sisi perangkat keras dan perangkat lunak, (3) belum tersedianya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang IT, dan (c) Value dengan temuan belum optimalnya pengembangan digitalisasi arsip pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang sehingga manfaatnya belum dirasakan oleh dinas dan masyarakat. Faktor penghambat pengembangan digitalisasi arsip untuk peningkatan pelayanan publik pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang terdiri dari belum adanya dukungan kebijakan dan belum optimalnya dukungan sumber daya manusia, finansial dan infrastruktur teknologi informasi.
Kata Kunci: Digitalisasi, Arsip. E-arsip, Masyarakat
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
IGNASIUS PATI - Personal Name
|
Student ID |
2011020015
|
Dosen Pembimbing |
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1 William Djani - 196410141989011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
631.01
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |