PENGARUH TINGKAT KEDISIPLINAN MENGIKUTI PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ANGKASA KUPANG, KECAMATAN MAULAFA, KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH TINGKAT KEDISIPLINAN MENGIKUTI PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ANGKASA KUPANG, KECAMATAN MAULAFA, KOTA KUPANG

XML

ABSTRAK
Neolaka. Matius, (2022), Program Studi PPKn FKIP Undana, Judul
“Pengeruh Tingkat Kedisiplinan mengikuti Pembelajaran PPKn Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Angkas Kupang, Kecamatan Maulafa,
Kota Kupang” (Dr. Petrus Ly, M.Si sebagai pembimbing I dan Drs.
Hendrikus Pous, M.Si sebagai pembimbing II )
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Untuk menguji pengaruh
tingkat disiplin mengikuti pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar PPKn
semester genap 2021/2022 siswa kelas VIII SMP Angkasa Kupang, Kecamatan
Maulafa, kota kupang . 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara
tingkat kedisiplinan terhadap hasil belajar PPKn semester genap 2021/2022 siswa
kelas VIII SMP Angkasa Kupang, Kecamatan Maulafa, kota kupang.
Penelitian ini merupakan penelitian Asosiatif deskriptif dengan pendekatan
ex post facto. Penelitian ini dilakukan di SMP Angkasa Kupang, Kecamatan
Maulafa, Kota Kupang Tahun Ajaran 2021/2022 dengan populasi 44 orang.
Populasi diambil dari seluruh siswa kelas VIII yaitu VIII A, VIII B dan VIII C.
Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket.
Pengujian analisis data yang digunakan adalah normalitas, homogenitas, linearitas
dan regresi linear sederhana dengan menggunakan koefesien determinasi dan
persamaan regresi linear sederhana, serta untuk melihat kesignifikannya dilihat
dengan menggunakan uji t.
Hasil analisis regresi linear diperoleh persamaan Y = 8,545+0,729X. Berarti
koefisien regresi variabel kediplinan siswa adalah positif (0,729), berarti setiap
adanya peningkatan kedisiplinan siswa akan diimbangi dengan Perubahan
peningkatan hasil Belajar matapelajaran PPKn. Nilai koefisien determinasi dengan
R square sebesar = 30,4%, berarti variabel Kedisiplinan siswa mempengaruhi
perubahan hasil belajar matapelajaran PPKn sebesar 30,4%. Pengujian hipotesis
diperoleh t hitung (4,284) > t tabel (2,018). dan Signifikan 0,000 < 0,05, maka Ha
diterima dan Ho ditolak, artinya variabel Kedisiplinan siswa mempunyai pengaruh
positif signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas VIII
SMP Angkas Kupang, kecamatan Maulafa, Kota Kupang.
Jadi dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII
SMP Angkas Kupang. Dan juga kedisiplinan belajar siswa mempengaruhi
perubahan hasil belajar matapelajaran PPKn sebesar 30,4% Sedangkan 69,6%
dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yaitu pola asuh orang tua, anak itu sendiri,
sikap pendidik dan lingkungan.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Pembelajaran PPKn, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
MATIUS NEOLAKA - Personal Name
Student ID
1801070052
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Hendrikus Pous - 19600809198601002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - Ketua Penguji
Drs. Hendrikus Pous, M.Si - 196009081986011002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 NEO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA