Pengetahuan Masyarakat Tentang Manfaat Tanaman Obat Tradisional (Studi Kasus Desa Talibura Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengetahuan Masyarakat Tentang Manfaat Tanaman Obat Tradisional (Studi Kasus Desa Talibura Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi pengetahuan masyarakat tentang manfaat tanaman obat tradisional di Desa Talibura, Kecamata Talibura, Kabupaten Sikka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemahaman dan teori fenomenologi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yaitu dukun terlatih 4(empat) orang dan ibu rumah tangga 4 (empat) orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang manfaat tanaman obat tradisional terdapat 18 jenis tanaman obat yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat yakni tanaman jarak, kunyit, bawang merah, bawang putih, mengkudu, kelor, jahe, pinang, serai, sirih, pandan, maniran, lidah buaya, kumis kucing, andong, beluntas, ganda rusa, inggu dan sembung. Bagian tanaman yang diambil yaitu daun, buah, bunga, akar, umbi, batang, kulit. Cara penggunaannya yaitu bisa dimasak atau bisa juga dihancurkan dengan cara ditumbuk lalu diperas, cara menggunakan ramuan obat tersebut dengan cara minum, melekatkan, atau dibersihkan dengan air ramuan. Jika obat tersebut dipakai dengan cara minum artinya untuk mengobati penyakit dari dalam tubuh dan jika dengan cara ditempel dan dicuci artinya mengobati penyakit bagian luar tubuh. Kesimpulan: Pengetahuan masyarakat tentang manfaat tanaman obat di Desa Talibura sudah menjadi tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun-temurun. Faktor penyebab masyarakat tetap mempertahankan obat tradisional adalah: faktor ekonomi, faktor pelayanan medis rumit dan terbatasnya tenaga medis, faktor sarana kesehatan di Desa Talibura dan faktor kenyamanan menggunakan tanaman obat. Saran: (1) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tanaman yang belum diketahui manfaatnya. (2) Bagi masyarakat Desa Talibura dapat lebih mengetahui potensi tanaman yang ada dan dapat memanfaatkannya, serta melakukan pengembangan dan budidaya tanaman obat tersebut. (3) Perlu dipelajari tanaman obat tradisional yang harus dikonsumsi dengan sebaik-baiknya yang sudah diuji secara klinis. (4) Perlu dipelajari cara membuat dan memakai dengan benar sesuai petunjuk dengan takaran yang ditentukan.

Kata kunci: Pengetahuan, masyarakat, manfaat, obat tradisional.


Detail Information

Item Type
Penulis
ARDIANA ANCE - Personal Name
Student ID
1603080014
Dosen Pembimbing
JOSEP EMANUEL JELAHUT - 196412241992031003 - Dosen Pembimbing 1
Susana C.L. Pellu - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Ketua Penguji
Susana C.L. Pellu - 197110222005012001 - Penguji 1
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
SOSIOLOGI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA